Tanya Dokter

  • Penyebab selalu nyeri saat buang air kecil

  • dok saya mau tanya,, pasangan saya saat buang air kecil kenapa slalu kerasa sakit ya dok ?? tolong kasih tau dok apa penyebabnya dan apa obat nya ?? 

    Terimakasih 

    Halo Adam.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang dialami oleh pasangan Anda berupa timbulnya rasa sakit pada saat buang air kecil, paling sering disebabkan oleh karena infeksi saluran kemih.

    Perlu Anda ketahui, infeksi saluran kemih merupakan penyakit yang diakibatkan oleh masuknya bakteri ke saluran kemih melalui uretra. Infeksi saluran kemih sendiri banyak diderita oleh wanita. 

    Selain rasa sakit saat buang air kecil, infeksi saluran kemih juga dapat menimbulkan gejala : meningkatnya frekuensi untuk buang air kecil, bau air kencing yang tidak sedap, air kencing dapat bercampur dengan darah, timbul rasa sakit pada perut bagian bawah.

    Akan tetapi selain oleh karena infeksi saluran kemih, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : batu ginjal, peradangan pada uretra, penyakit menular seksul, infeksi ginjal, infeksi jamur di vagina, peradangan pada vagina, dan lain sebagainya.

    Untuk mengobati kondisi ini, maka haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya maka haruslah dilakukan serangkain pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Oleh karena itu, jika rasa sakit masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter agar dilakukan pemeriksaan, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan sesuai dengan kondisi saat ini.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    INFEKSI SALURAN KEMIH

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati