Tanya Dokter

  • Apakah kista ovarium harus selalu dioperasi?

  • Assalamualaikum dok , Saya maya usia saya 21 thn saya belom menikah saya bekerja mnjd operator pt ,dok saya sudah telat dtgbulan(haid)slm 5 bulan dan saya pun sudah periksa dan juga tespek 2x hasil saya negatif Lalu saya 2 bulan blkng smpai saat ini saya merasa skt nyeri sprt org melilit dan juga pinggang saya sllu pegel&saya habis mkn sllu buang air besar dok (selalu) Minggu lalu saya cek dok dan akhir ya saya usg dok trnyt saya punya kista sebesar6cm dok . Lalu kt dr kandungan tsb dia hanya memberi obat haid saya dan saya pun disuruh cek up lg 3 bulan ke dpn ya dok ? Lalu makanan makanan yg harus sy pantang pun tdk ada kata dr.kandungannya ? Apakah saya harus berlanjut operasi scptn ya dok .

    Halo Maya, Dari cerita Anda, kemungkinan yang Anda maksud adalah kista ovarium. Kista ovarium merupakan tumor jinak ovarium yang berasal dari kantung telur yang tidak pecah (semestinya kantung ini pecah di tengah siklus haid Anda, menghasilkan telur melalui proses yang disebut ovulasi). Tergantung ukuran, kecurigaan jenis kista, dan usia Anda, Dokter mungkin / tidak menganjurkan operasi. Pertimbangan untuk tidak dilakukan operasi biasanya karena usia muda, status belum menikah dan masih adanya kemungkinan itu adalah kista fungsional (bisa sembuh dengan sendirinya). Operasi pengangkatan kista tidak berarti tidak mengandung risiko. Tergantung temuan saat operasi, ada kemungkinan bahwa saluran telur Anda juga perlu diangkat. Dikhawatirkan apabila sudah diangkat, dan ternyata tumbuh lagi satu kista di indung telur sebelahnya (atau misal terjadi kehamilan luar kandungan, indung telur sebelah kurang berfungsi, dsb.), hal ini akan menyulitkan saat Anda ingin memiliki anak. Diharapkan dengan pemantauan berkala oleh Dokter Anda, jika ukuran kista cenderung tidak membesar (atau malah mengecil seperti pada kista fungsional) dan tidak terjadi komplikasi (mis. kista pecah atau terpuntir), kehamilan tetap bisa diusahakan dan diharapkan berjalan lancar. Sejauh ini penyebab terjadinya kista ovarium belum terlalu dipahami, makanya belum ada anjuran mengenai makanan mana yang boleh / tidak boleh dikonsumsi bagi penderita kista ovarium. Namun, status gizi adalah penting untuk pembentukan hormon ovarium sehingga diet ketat atau kegemukan sebaiknya dihindari. Berikut tips untuk Anda:

    • Pertahankan berat badan ideal
    • Olahraga rutin (namun tidak berlebihan) seperti jogging, senam, berenang, dsb.
    • Anjuran makanan seperti orang sehat pada umumnya, yaitu bersih dan bergizi seimbang
    • Kontrol rutin dengan Dokter Anda
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma  

    Iyaa di karenakn saa masih single dok ,cuma semakin kesini semakin sakit dok sampai saya ga kuat buat berjalan atau duduk tegak dok ..apa yg harus saya ceritakan pd dr dok sdgkn saya merasakan ini sakit bukan setiap saat tp,selalu dok smpai tdur pun saya bnggung posisi tdur saya celentang maupun miring kaki di angkat pun sakit dok