Tanya Dokter

  • Mengatasi luka pada kornea mata

  •  Diah Ari
    Anggota

    Apakah penyakit koreng kornea mata bisa disembuhkan dan pasien dapat melihat kembali ?

    Halo Diah Ari,

    istilah koreng kornea mata yang anda maksud dapat merujuk pada beberapa kemungkinan kelainan pada kornea yang memiliki prediksi kesembuhan yang berbeda-beda:

    • ulkus kornea, yaitu suatu luka dalam pada kornea, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi (baik bakteri, jamur, atau virus), adanya luka pada mata, penyakit peradangan kornea yang kronis, mata kering yang kronis, kekurangan vitamin A, dan penggunaan lensa kontak yang tidak tepat. Penanganan ulkus kornea adalah dengan mengatasi penyebab luka (misalnya pemberian antibiotik bila terbukti infeksi bakteri dan jamur), namun apabila dengan obat-obatan tidak membaik dapat dipertimbangkan operasi transplantasi kornea. 
    • suatu bekas luka pada kornea, misalnya pasca infeksi atau luka pada kornea. Bekas luka dapat bersifat sementara (karena proses penyembuhan masih berlangsung) atau permanen.
    • xerophthalmia yaitu penyakit mata yang terjadi akibat kekurangan vitamin A, ditandai gejala seperti bercak keputihan pada mata dan mata kering. Tergantung dari derajat dan lamanya, xerophthalmia dapat ditangani dengan pemberian suplemen vitamin A, namun bisa juga bersifat permanen.

       

      Melihat beragamnya penyebab koreng pada kornea mata, disarankan untuk memeriksakan kondisi mata dan berdiskusi lebih lanjut dengan dokter spesialis mata mengenai diagnosa dan penanganan yang terbaik untuk mata pasien saat ini. 

      Anda juga dapat membaca artikel terkait: menjaga kesehatan mata

      Semoga informasi ini bermanfaat.

      salam, dr. Delvira