Tanya Dokter

  • Hubungan alergi dingin dengan dermatographic skin

  •  Mayang
    Anggota

    Hai..... Dok :) Saya tanya dong :v sebelumnya maaf saya mau tanya banyak :D Dulu saya itu alergi urtikaria dingin dari kecil hingga umur 16 th tapi setelah beberapa bulan ternyata saya malah terkena Dermatographic, kok itu bisa terjadi ya ? Hubungannya gimana ? Kalau kekurangan histamin, apakah itu juga akan berpengaruh dengan keadaan jantung ? Tolong jelaskan ya dok, terimakasih :)

    Mayang  Mayang
    Anggota

    Dok saya tanya kog gak dijawab sih ? -,- Saya nunggu jawaban dari kemarin -.-

    Mayang  dr. F. Sutandi
    Dokter

    Halo, Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter. Dermatographic skin dan juga urtikaria ini sebetulnya adalah suatu kesatuan penyakit yaitu penyakit yang didasarai alergi. Yang berbeda adalah pemicunya. Pada dermatographic skin, pemicunya biasanya adalah gesekan kulit sedangkan pada urtikaria ini biasanya ada udara dingin, debu dapat menyebabkan urtikaria tersebut. Beberapa penyebab dari masalah alergi ini adalah:

    • riwayat alergi pada orang tua/keluarga
    • debu
    • udara dingin
    Penyebab dari urtikaria dan juga dermatographic skin ini adalah produksi histamin yang berlebihan. Histamin yang berlebihan ini akan menyebabkan pembuluh darah menjadi melebar di kulit hingga menyebabkan gatal-gatal dan juga kulit berubah menjadi merah seperti yang Anda alami ini. Histamin yang kurang ini tidak akan menyebabkan masalah jantung. Biasanya kontraksi jantung akan melambat apabila terdapat penurunan kadar dopamin di jantung dan bukan histamin. sebaiknya Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan tes alergi/tes cukil kulit akna dilakukan untuk mendeteksi kira-kira bahan apa yang menyebabkan masalah alergi di kulit Anda. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari debu/udara dingin/makanan yang sering menyebabkan dan memicu alergi. Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai obat-obatan yang perlu Anda konsumsi Salam sehat, dr. Sutandi