Tanya Dokter

  • kulit bagian daun telinga mengeluarkan cairan kuning dan bau

  •  Putri Alva
    Anggota

    Hi dokter, Saya punya keluhan tentang kulit bagian daun telinga saya yang biasa mengeluarkan cairan kuning trus bau Dok. Ini selalu terjadi setelah saya mandi meskipun sudah kering tapi terkena air langsung keluar lagi cairannya. Saya udah periksa ke dokter beberapa kali sampai dokter luar negeri trus beberapa jawabannya sama yaitu karena jamur trus saya disaranin pake sabun sulfur sama seorang dokter. Adapun obat yang terakhir kali di berikan ke saya itu FLOIFAR ciprofloxacin, TAMADEX 0,5 DEXAMETHASONE, TRIANTA. Sebenarnya menurut Dokter sendiri ini penyakit saya ini apa dengan penjelasan saya di atas trus obat di atas apa sudah benar?

    Makasih sebelumnya dok.

    Halo,   Cairan keluar dari daun telinga atau dari liang telinga? Jika membaca tulisan Anda maka kemungkinan penyebab keluhan Anda antara lain adalah :

    1.  infeksi bakteri pada kulit = impetigo
    2. Infeksi jamur
    3. Alergi
    4. Dermatitis
    5. Radang telinga luar (otitis)
    6. Psoriasis
    7. dll.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit kelamin terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan medis seperti tes darah, tes kerokan kulit, tes alergi, dll. Dengan begitu diharapkan penyebab keluhan Anda bisa diketahui secara pasti dan diberikan pengobatan yang sesuai. Untuk membantu mengurangi keluhan Anda maka beberapa cara dibawah ini bisa Anda coba yakni :
    1. hindari menggaruknya, mengelupas kulit dll.
    2. Usahakan kondisi telinga tetap kering.
    3. Oleskan salep sesuai anjuran dokter sampai batas waktu yang disarankan dokter, hindari melakukan pengobatan sendiri dan menghentikan pengobatan sesuka hati.
    4. Tutup telinga agar tidak terekspose oleh udara kotor jika Anda berpergian.
    5. Jika penyebabnya jamur maka pemberian anti jamur oral bisa dipertimbangkan.
    Baca topik Telinga berair. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi