Tanya Dokter

  • Pengobatan yang tepat untuk penyakit kusta

  •  Doni rangga
    Anggota
    Sore Dok, mau nanya ibu saya kaki kiri timbul merah dan sakit, hasil pemeriksaan lab kuping kiri, kanan dan darah yg diambil dari bagian kulit yg merah hasilnya negatif, tetapi doktet memponis itu kusta dan harus pengobatan 9 bulan, ap hasil lab dari 2 rumah sakit negatif tidak bisa dijadikan acuan dok, trimakasih sebelumnya

    Hai,

    Penyakit kusta merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kuman Mycobacterium leprae. Kuman ini memiliki daya tular yang rendah dan biasanya ditularkan melalui kontak erat yang lama (mis. orang serumah). Gejala kusta yang sering ialah timbulnya bercak kulit yang berwarna lebih cerah dan relatif tidak sensitif (tidak mampu membedakan rasa panas / nyeri / perabaan).

    Diagnosis kusta ditegakkan melalui wawancara klinis dan pemeriksaan fisik oleh Dokter, dapat ditunjang dengan pemeriksaan kerokan kulit dalam (biasanya di daerah ujung-ujung tubuh seperti dahi, cuping hidung dan telinga, serta satu bercak yang paling dicurigai sebagai bercak kusta). Penyakit kusta dapat digolongkan menjadi penyakit kusta dengan jumlah kuman yang sedikit (paucibacilar / PB) dan jumlah kuman yang banyak (multibacilar / MB). Pada penyakit kusta tipe PB, pemeriksaan kerokan kulit dalam bisa menunjukkan hasil yang negatif; pemeriksaan kerokan kulit yang positif umumnya ditemukan pada kasus kusta tipe MB.

    Baik penyakit kusta tipe PB maupun MB, keduanya perlu diobati selama sekurangnya 9 bulan dan bisa lebih lama tergantung jenis penyakit dan respons pengobatan. Pengobatan perlu dijalankan secara rutin dan tuntas untuk mencegah terjadinya kekambuhan dan penularan ke orang sekitar. Konsultasikanlah kembali ke Dokter / Spesialis Kulit mengenai rencana pengobatan yang sesuai untuk kasus tersebut.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma