Tanya Dokter

  • Cara mengatasi nyeri pada ulu hati

  • Dok,saya berusia 17 tahun, saya menderita maag sejak kelas 5 sd. Biasanya saat lagi kambuh,sakitnya cuma sebentar terus hilang. Tapi sekarang kambuhnya sudah 4 hari belum hilang hilang, sakitnya di ulu hati, kadang kepala saya terasa sakit(saya juga tidak tahu apakah ini kebetulan atau gimana), dan sakitnya pun kadang makin menjadi ketika saya berdiri atau berjalan, seperti ngilu di ulu hati saya, saat hari keempat saya minum obat maag tapi masih ngilu di ulu hati, ini gimana ya dok?apakah ini tukak lambung atau gastritis?

    Halo terimakasih sudah bertanya di website alodokter. Saya akan membantu menjawab pertanyaan anda. 

     

    Nyeri ulu hati yang terjadi pada keadaan anda dapat disebabkan oleh penyakit asam lambung seperti yang diderita oleh anda dari kecil. Penyakit asam lambung adalah sebuah penyakit yang disebabkan melemahnya katup penutup lambung sehingga cairan asam lambung yang dapat naik ke atas bahkan hingga ke kerongkongan dan mulut. Peristiwa naiknya cairan asam lambung ke atas tentunya dapat menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati. 

     

    Perlu diketahui bahwa penyakit asam lambung ini tidak dapat hanya diobati dengan mengkonsumsi obat-obatan saja namun juga perlu diikuti dengan pola makan teratur yaitu makan 3 kali dalam sehari di jam yang sama setiap harinya. Diikuti dengan menghindari makanan-makanan yang pedas dan juga coklat karena dapat merangsang peningkatan cairan asam lambung. Saran saya saat ini adalah agar anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam super spesialis gastroenterologi guna mengetahui secara pasti keadaan yang terjadi pada lambung Anda sehingga pengobatan dapat diberikan sesuai dengan penyebabnya ada. Beberapa tips yang dapat anda lakukan di rumah adalah :

     

    • Atur pola makan Anda
    • Minum air putih 2 hingga 3 liter per hari
    • Hindari makanan makanan pedas dan coklat juga kopi
    • Konsumsi obat-obatan lambung sesuai dengan anjuran dari dokter

     

    Silahkan baca artikel terkait di bawah ini :

     

    Penyakit asam lambung

     

    Semoga jawaban ini dapat membantu anda

     

     

     

    Salam

     

     

     

    dr. Doddy