Tanya Dokter

  • Pengobatan penyakit parkinson

  •  Qing Qing
    Anggota

    Malam,dok Ibu say mengalami gejala penyakit parkinson..pa yg d sebutkan d ats semua sam seprt yg d alami ibu saya..bgaimana cra tepat untuk mengobati penyakit parkinson?di indonesia d rmh sakit mana yg bisa menangani pnykit parkinson?

    Hai, Hingga saat ini belum ada penanganan untuk menyembuhkan penyakit parkinson. Pengobatan diberikan untuk mengurangi gejala yang timbul, sehingga pasien tetap nyaman beraktifitas. Obat-obat yang diberikan seperti:

    • levodopa
    • dopamin agonis, untuk menggantikan dopamin di otak
    • monoamine oxidase-b inhibitor (MAO-B), seperti rasagiline, selegiline
    Selain itu juga sebaiknya dilakukan fisioterapi untuk mengatasi kekakuan otot, dan terapi wicara karena pasien cenderung sulit atau terganggu saat bicara. Pasien parkinson sering mengalami konstipasi, sebaiknya perbanyak serat dalam makanan dan konsumsi air mineral yang cukup. Disarankan agar ibu Anda periksa dahulu ke dokter spesialis saraf. Sehingga dengan mengetahui gejala-gejala yang timbul, dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan status neurologi (saraf), maupun tes penunjang seperti MRI kepala, dapat diketahui penyebab medis yang terjadi. Penanganan dengan jenis dan dosis obat yang tepat akan diberikan sesuai dengan kondisi hasil pemeriksaan yang didapatkan. Halaman berikut membahas Pengobatan parkinson   Semoga bermanfaat, dr. Jessica