Tanya Dokter

  • Penyakit paru-paru basah bisa disembuh kan?

  •  Andika Yusuf
    Anggota

    SIang dok, saya pernah mengalami penyakit paru-paru basah waktu sd. Setelah beberapa tahun kemudian dada kanan saya kadang-kadang terasa sakit, apa itu karena penyakit paru-paru basah saya? dan paru-paru basah sebenarnya bisa di sembuhkan atau tidak?

    Halo Andika...... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa sakit dada sebelah kanan memang dapat disebabkan oleh penyakit paru - paru basah atau dalam bahasa medis disebut sebagai pneumonia. Pneumonia sendiri merupakan salah satu kondisi dimana terdapatnya suatu infeksi bakteri ataupun virus, yang memicu terjadinya peradangan pada kantong - kantong udara di salah satu atau kedua paru. Gejala umum yang sering timbul pada pengidap pneumonia diantaranya adalah :

    • Batuk - batuk
    • Demam
    • kesulitan untuk bernapas
    • dll.
    Pneumonia dapat disembuhkan dengan jalan meminum antibiotik yang diberikan oleh Dokter, cukup istirahat, makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih yang banyak. Selain dari pneumonia, kondisi yang Anda alami saat ini pun dapat disebabkan oleh karena : Batuk --- pilek, stress psikologis, olahraga atau kegiatan yang banyak menggunakan otot dada, peradangan pada hati, pleuritis, pneumothorax, penyakit asam lambung ( GERD ), dll. JIka keluhan Anda masih dirasakan sampai dengan saat ini, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan terkait dengan hal ini, yang meliputi : pemeriksaan fisik === khususnya dada, rontgen dada, rekam jantung, tes darah, dll. Sehingga akhirnya penyebab pasti dari timbulnya keadaan ini diketahui dan pengobatan yang tepat pun dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : NYERI DADA KANAN Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati

    Andika Yusuf  Andika Yusuf
    Anggota

    Terima Kasih dok