Tanya Dokter

  • Muncul kulit ari di bagian kepala penis

  •  Topan umboh
    Anggota

    Dok, saya mau tanya. Saya tidak pernah lagi melakukan sex sejak 3 tahun. Tapi penis saya seperti ada kulit ari telur ayam dibagian kepala terus karena saya tau itu tidak apa-apa jadinya saya bersikan. Tapi 3 hari kemudian saya liat seperti ada luka di bagian yg saya besikan. Apa itu ada pengaruhnya pada penyakit menular atau kangker dok?

    Hai Topan, Luka di penis dapat disebabkan oleh beberapa hal baik itu alergi ataupun infeksi. Namun perlu diketahui gejala penyerta dari luka yang terjadi. Apakah luka hanya sebagai gejala tunggal ataukah ada gejala lain yang menyertai seperti gatal, terdapat nanah, rasa panas, dll Luka di genital pria dapat terlihat di penis, skrotum atau buah zakar dan uretra yaitu saluran kencing paling luar pria, dapat berupa infeksi yang disebabkan oleh penularan hubungan seksual, seperti:

    1. Herpes Genitalis : luka kecil, nyeri diisi cairan yang berwarna jernih atau kekuningan
    2. Kutil kelamin: bintik daging berwarna yang menimbul atau datar, dapat terlihat seperti puncak kembang kol
    3. Chancroid : bentol kecil di genital, yang menjadi luka dalam satu hari
    4. Sifilis : luka kecil dan tidak nyeri
    5. Granuloma inguinale : bentol kemerahan (seperti daging) yang muncul di alat kelamin atau sekitar anus
    6. Lymphogranuloma venerum luka kecil yang tidak nyeri pada genital
    Luka lainnya dapat disebabkan oleh psoriasis, moluscum contangiosum, reaksi alergi, dan infeksi yang tidak ditularkan melalui hubugan seksual. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung, dan dapat dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah sehingga dapat ditegakkan diagnosis dari penyakit anda. Dengan begitu anda akan diberikan pengobatan yang sesuai. Tips-tips yang dapat anda lakukan pada saat anda mengalai gejala seperti ini adalah:
    • Menjaga kebersihan organ intim anda
    • Tidak melakukan hubungan seksual saat masih mengalami gejala
    • Tidak memberikan pengobatan sendiri karena dapar memperburuk keadaan
    • Gunakan kondom
    • Hindari menggunakan barang pribadi yang sama dengan orang lain karena bisa saja anda tidak melakukan hubungan seksual namun tertular dari orang lain yang menggunakan barang pribadi yang sama dengan anda
    Anda dapat membaca diskusi di bawah ini: Apa saja yang dapat mengancam kesehatan penis Mr.P lecet Semoga membantu Dr. Yosephine U L Simanungkalit