Tanya Dokter

  • Penyakit dengan gejala sakit pada punggung dan telapak kaki terasa panas

  • Assalamualaikum Dok. saya ingin bertanya. beberapa bulan ini saya susah tidur Dok, disebabkan punggung saya ketika malam terasa panas dari dalam, seperti terbakar. tetapi jika siang hari, telapak kaki saya yang terasa panas Dok. mohon diberitahu dok, itu gejala penyakit apa ya Dok? serius kah atau tidak Dok?

    Fitri Suryanie  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Fitri, Nyeri punggung merupakan nyeri yang timbul dan dirasakan pada tulang belakang yang cenderung timbul pada malam hari. Nyeri ini dapat dipicu oleh aktivitas sehari-hari, posisi duduk, efek mengangkat beban dan postur tubuh saat berdiri, membungkuk atau tidur yang tidak baik. Nyeri punggung sendiri ada banyak macamnya dan disebabkan oleh beberapa hal seperti:

    Cukup beristirahat, tetap aktif bergerak, hindari mengangkat beban berat dan perbaiki posisi tubuh saat duduk, berdiri ataupun tidur dapat membantu mengurangi timbulnya nyeri. Gunakan obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan parasetamol untuk nyeri yang lebih tidak tertahankan. Periksakan diri pada dokter jika keluhan tidak juga membaik atau jika bertambah parah. Dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, foto rontgen, ataupun pemindaian dengan MRI jika dibutuhkan. Fisioterapi juga dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.