Tanya Dokter

  • Pusar berair dan berbau busuk

  • ass dok, saya mau bertanya nih, ko udel saya mengeluarkan cairan yg berbau busuk dan juga gatal, sebab nya waktu itu saya membersihkan udel saya menggunakan cottun bat dan baby oil lalu udel saya terasa gatal kemudian saya masukan minyak kaya putih, dan sekarang seperti ini pinggiran udel saya luka. mengeluarkan cairan yg berbau busuk. apa saya terkena infeksi? apa penyakit di udel bisa menyebabkan kematian?

    Halo, Daerah pusar merupakan daerah yang lembab dan mudah terjadi infeksi. Keadaan-keadaan yang dapat menyebabkan keluarnya cairan yang berbau dari pusar adalah:

    • infeksi bakteri
    • infeksi jamur
    • akibat prosedur operasi
    • memiliki riwayat diabetes
    • jarang: kista sebasea dan kelainan bawaan akibat saluran dari kandung kemih ke pusar yang tidak menutup sempurna
    Penanganannya bergantung pada penyebabnya. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri/ jamur maka daerah pusar dicuci dengan menggunakan air hangat menggunakan sabun antibakteri kemudian dikeringkan, setelah kering dioleskan salep antibiotik/ salep antijamur sesuai penyebabnya. Pada penderita diabetes, kontrol gula darah yang baik membantu mengurangi gejala. Konsultasikan dengan dokter mengenai keluhan Anda tersebut dan dokter akan menentukan pengobatan yang terbaik untuk Anda. Jagalah selalu daerah pusar Anda tetap kering dan bersih. Bergantung pada penyebabnya, keluhan tersebut dapat membahayakan jika tidak diobati. Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar

    Dinni Hafiyani  Riska Damayanti
    Anggota

    Ass mba dinni, Bagaimana sdh sembuh mba pusarnya? Saat ini saya mengalami hal yang sama, kalo boleh tau apa obatnya ya mba?

    assalamualaikum mbak, gimana sudah sembuh atau belum ? tadi siang tau2 pusar saya ngeluarin cairan yg ga berhenti2 dan bau pula. sy kaget banget dan risih karena masih di kantor. akhirnya saya pakein bedak herocin.