Tanya Dokter

  • Penyebab orang yang tidur terus menerus

  •  Deni Anggara
    Anggota

    dok akhir akhir ini sedang viral seorang gadis yg tidur terus menerus selama seminggu penuh dan bagaimana itu bisa trjadi dan bukankah otak manusia bisa lebih tua jika org itu terlalu lama tidur

    Salam,

    Pasien dengan kejadian tidur dalam waktu lama (13 hari seperti pada kasus yang terjadi di Banjarmasin) kemungkinan merupakan suatu sindrom putri tidur atau Klein Levin Syndrome. Sindrom ini memberikan gambaran pasien yang mengalami tidur berkepanjangan atau mengalami tidur hampir sepanjnag hari dan bangun hanya untuk makan atau ke kamar mandi dan tidak mampu menjalani aktvitas sehari-hari dalam satu waktu selama beberapa hari, minggu, ataupun bulan.  

    Kondisi ini disebabka oleh gangguan saraf (atau ganggua psikiatrik) yang melingkupi gangguan tidur berkepanjangan, gangguan kognitif dan gangguan kebiasaan yang wajar/gangguan perilaku.Beberapa pemicu keluhan ini disebabkan oleh infeksi, trauma kepala, penggunaan alkohol, ganggua peredaran darah otak, penyakit autoimun. Jadi dengan adanya gangguan sindrom ini, kemungkinan suplai darah ke oatak terganggu, sehingga kemampuan otak dapat menurun dengan gambaran gejala yang ditemui.

    Keluhan yang menyertai dapat berupa:

    1. tidur berlarut-larut

    2. ganguan kognitif

    3. ganguan makan

    4. hiperseksual

    5. kompulsif

    6. depresi

    7. halusinasi

    Konsultasi dengan dokter saraf dan atau dokter psikiater dapat membantu menentukan ganguan yang jarang ini. Dengan pemeriksaan penunjang sesuai indikasinya, dokter diharapkan dapat mengtahui resiko pemicu sindrom ini pada pasien.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga sindrom putri tidur.

    r. Ulfi