Tanya Dokter

  • Pengaruh penyakit skabies terhadap janin dalam kandungan

  •  Rachma Wati
    Anggota
    Assalamualaikum dok.. Saya rachma seorang ibu yg sedang hamil 6 bln.. beberapa minggu ini saya mengeluhkan gatal yg sangat mengganggu.. saya cek ke dokter kandungan dirujuk ke dokter kulit katanya saya kena scabies.. Yg saya mau tanyakan apakah obat chlorpheniramine maleate aman buat saya konsumsi..karena saya lupa menanyakan ke dokter kulitnya.. Apakah penyakit scabies ini berpengaruh pada janin saya dok...

    Hai Rachma,

    Obat jenis chlorpheniramine maleat adalah termasuk dalam obat antihistamin yang diberikan untuk menekan reaksi alergi, dengan mengurangi rasa gatal. Obat ini termasuk dalam kategori aman untuk dikonsumsi pada ibu hamil, namun tetap dengan pengawasan. Tentunya saat dokter meresepkan obat, akan disesuaikan dengan kondisi Anda dengan memilih jenis obat dan dosis yang sesuai dengan kondisi penderita, sehingga Anda dapat mengkonsumsinya sesuai dengan ketentuan penggunaan obat.

    Apabila muncul efek samping setelah mengkonsumsi obat tersebut, Anda boleh kembali berkonsultasi dengan dokter agar obat dapat diganti. Baca tautan tentang obat chlorpherimine.

    Scabies adalah suatu gangguan pada kulit akibat infeksi parasit, yang masuk ke dalam tubuh yang ditandai dengan gatal dan ruam pada tubuh area sela tangan dan kaki, ketiak, sela paha dan sekitar bokong. Penyakit ini seringkali mengenai sekelompok orang yang tidur bersama sehingga sebaiknya pengobatan diberikan tidak hanya pada penderita saja.

    Pengobatan dapat berupa obat salep yang dioleskan ke seluruh tubuh juga obat gatal untuk mengurangi keluhan, namun penggunaan obat harus sesuai dengan petunjuk dan resep dokter untuk menghindari efek samping. Skabies tidak menimbulkan masalah pada janin mengingat infeksinya superficial pada kulit, namun penggunaan obat yang salah dan tidak sesuai dapat berefek pada janin. Konsultasikan dengan dokter yang menangani Anda mengenai pengobatan yang diberikan.

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya