Tanya Dokter

  • Penanganan kaki yang tertusuk paku karat

  • selamat malam dokter. saya mau nanya

    tadi pagi sekitar pukul 6 pagi ibu saya kakinya tertusuk paku berkarat. saat itu langsung dicabut dan ditekan2 sampai darahnya keluar, sama dikompres dengan air yang sudah mendidih. sudah minum obat asmef dan cipro ( karena di rumah ada obat itu). belum di bawah ke rumah sakit untuk mendapatkan suntikan ATS. seumpama besok baru mendapatkan suntikan ATS bagaimana ya dok? sedangkan masa inkubasi bakteri yang menyebabkan tetanus berminggu - minggu.

    mohon pencerahannya dokter.

    terimakasih

     

    Tertusuk paku berkarat merupakan faktor resiko terinfeksi tetanus. Penting sekali dilakukan penanganan yang tepat untuk mencegahnya, karena tetanus merupakan penyakit yang berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. 

    Kuman tetanus menghasilkan racun yang akan menyerang sistem saraf penderita dan menyebabkan kaku otot hingga kejang berulang.

    Memang setelah kuman masuk, biasanya memerlukan masa inkubasi (berkembangnya kuman tersebut) dan gejala tetanus baru akan muncul 1-3 minggu kemudian.

    Namun penanganan SESEGERA MUNGKIN dimaksudkan untuk mencegah perkembangan kuman tersebut.

     

    Penanganan terhadap luka dengan resiko tetanus lebih baik dilakukan SEGERA SETELAH TERPAPAR LUKA, dilakukan di fasilitas kesehatan meliputi :

    -Perawatan luka secara STERIL dan luka akan dibuka/disayat lebih lebar dengan pisau steril dengan tujuan mencegah perkembangan kuman tetanus yang bersifat tidak tahan dengan paparan udara terbuka (anaerob).

    -Pemberian kekebalan aktif yaitu Imunisasi TT, diberikan pada pasien dengan riwayat imunisasi yang tidak jelas, terakhir diberikan booster imunisasi lebih dari 5 tahun yang lalu

     Imunisasi TT diberikan dengan suntikan dosis sebanyak 0,5 cc , diberikan 1 x sebulan selama 3 bulan berturut – turut.

    -Pemberian kekebalan pasif yaitu ATS (Anti Tetanus Serum), yang merupakan serum yang diekstrak dari hewan.  Pemberian imunisasi pasif umumnya tidak lebih dari 12 jam setelah timbulnya luka tergantung dari sifat luka, kondisi penderita, dan status imunisasi.

     ATS diberikan dengan suntikan dosis 1500 IU untuk orang dewasa 

     

    Saya sarankan anda segera membawa ibu anda ke fasilitas kesehatan/klinik/rumah sakit agar mendapat pemeriksaan dan penanganan oleh dokter.

     

    Berikut artikel sehubungan dengan TETANUS

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia