Tanya Dokter

  • obat vitiligo setelah menjalani laser

  • pagi dokter , saya terkena penyakit vitigo dari usia 5 tahun dan sekarang umur 20tahun , pada awalnya bercak putih saya lumayan luas di daerah wajah setelah melakukan terapi leser bercaknya mulai menghilang tetapi saya disuru berhenti terapi laser karna bisa berakibat kangker , dan akibatnya diwajah saya masi tersisa bercak putihnya ,

    yang saya ingin tanyakan adakah obat atau salep untuk penyakit saya ini ?

    sebelumnya terimah kasih atas perhatiaanya

    bagaskoroputra  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat siang, Vitiligo merupakan kondisi dimana kulit kehilangan pigmentasi nya akibat sel melanosit mati. Melanosit adalah sel yang memproduksi melanin dan berperan pada pembentukan warna kulit. Sehingga menyebabkan tampak adanya bercak-bercak atau area kulit yang berwarna putih diantara kulit normal. Vitiligo dapat terjadi pada seluruh tubuh, atau pada area-area tertentu saja. Kondisi ini tidak diketahui pasti penyebabnya, namun dikaitkan dengan masalah autoimunitas atau keturunan. Vitiligo bukan penyakit menular. Terapi yang dapat digunakan pada kondisi vitiligo bukan untuk menyembuhkan namun untuk membantu mengatasi permasalahan diskolorasi kulit pada penderita, beberapa terapi yang dapat dilakukan adalah :

    • Tanpa menggunakan obat-obatan, namun menggunakan produk-produk kosmetik, produk tanning atau pewarnaan kulit untuk membantu menutupi bercak putih atau membantu menyamarkan perbedaan bercak dengan kulit normal. Cara ini adalah cara yang aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.
    • Krim Kortikosteroid kuat, digunakan pada bercak-bercak putih membantu mengembalikan warna. Biasa digunakan pada tahap awal terjadinya vitilogi danbaru terlihat efeknya setelah pemakaian lebih dari 3-6 bulan. Efektif pada area-area tertentu, seperti wajah dan kurng efektif pada daerah tangan dan kaki. Penggunaan obat ini dalam jangka waktu lama menimbulkan efek samping permasalahan lain pada kulit, yaitu penipisan atau bahkan kematian sel kulit, timbulnya striae atau garis-garis pada kulit.
    • Psoralen krim atau oral dengan komninasi Phototherapy menggunakan sinar ultraviolet. Penggunaan krim dilakukan pada area ercak putih 30 menit sebelum dilakukan penyinaran agar kulit lebih sensitif terhadap ultraviolet, sehingga menyebabkan bercak putih mengalami sunburn dan perlahan berubah warna. Diperlukan terapi berulang dan rutin.
    • Krim depigmentasi untuk merubah warna kulit normal menjadi tidak berpigmen, sehingga warna kulit menjadi putih merata seluruhnya. Biasa digunakan pada kondisi vitiligo luas yang memiliki seidikit kulit normal. Membtuhkan waktu 1-4 tahun untuk depigmentasi.
    • Terapi cahaya atau laser untuk mengembalikan warna pada bercak putih.
    • Operasi
    • Terapi alternatif dengan gingko biloba, terdapat beberapa penelitian kecil yangmenunjukkan efek gingko biloba pada vitiligo, namun diperlukan penelitian lebih lanjut.
    Dari beberapa terapi diatas, saya kurang memahami terapi apa saja yang terdapat di Indonesia. Maka dari itu akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan ahlinya yaitu dokter spesialis kulit, untuk mendapatkan terapi yang paling sesuai dan aman untuk anda. Sekian dan semoga dapat membantu. Anda dapat membaca lebih lengkap mengenai vitiligo pada artikel VITILIGO atau dapat berdiskusi dengan anggota komunitas dengan permasalahn serupa DISINI dan DISINI

    bagaskoroputra  Sinar Pancing
    Anggota

    Dokter vitiligo di indonesia siapa ya .thx