Tanya Dokter

  • Mengatasi perasaan sering was-was

  •  Ella Nofela
    Anggota
    Setiap hari memikirkan sesuatu yang tidak harus dipikirkan, apalagi setiap ibadah pasti selalu terbayang-bayang apakah ibadahnya sudah benar atau tidak. Apakah ini termasuk penyakit was-was atau gangguan psikologis? Bagaimana cara mengatasinya?

    Halo Ella.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami berupa seringnya was...was.... / khawatir, jika memang sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, maka dapat saja dikategorikan sebagai gangguan kecemasan.

    Gangguan kecemasan sendiri merupakan suatu kondisi psikologis ketika seseorang mengalami rasa cemas atau takut berlebihan yang konstan dan sulit dikendalikan, sehingga berdampak buruk terhadap kehidupan sehari-hari.

    Gejala - gejala yang umumnya akan muncul jika seseorang menderita gangguan kecemasan, diantaranya adalah : 

    • Berkurangnya rasa percaya diri.
    • Sulit tidur.
    • Mudah marah.
    • Badan gemeter.
    • Stres.
    • Jantung berdebar-debar.
    • Sulit berkonsentrasi.
    • Pusing atau sakit kepala.
    • Menjadi penyendiri.
    • Tubuh dalam keadaan lelah yang berkepanjangan.

     

    Sebenarnya untuk mengatasi gangguan kecemasan sangatlah sederhana, Anda cukup melakukan pola hidup sehat seperti : kelola stress psikologis, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, selalu berpikiran positif, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, perbanyak makan buah dan sayur, stop merokok dan jangan minum minuman keras, relaksasi.

    Jika setelah Anda melakukan pola hidup sehat gangguan kecemasan masih saja sering terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan agar menemui dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr.Jati