Tanya Dokter

  • penyakit yang disebabkan batuk berdarah

  •  Aslinda Ndha
    Anggota

    dok mau tanya, batuk yang disertai darah segar tanpa gejala-gejala lainnya seperti demam bisa diagnosa penyakit apa ya dok? Maksih. .

    Halo Aslinda, Batuk darah atau hemoptisis dapat disebabkan oleh gangguan pada saluran pernapasan tetapi dapat juga disebabkan oleh hal-hal di luar saluran pernapasan. Mengapa demikian? Karena kadangkala darah sebenarnya berasal dari saluran pencernaan atas, tetapi darah keluar bersamaan dengan air liur sehingga terlihat tampak berasal dari saluran pernapasan. Berikut beberapa penyebab munculnya batuk darah :

    Untuk memastikan apakah penyebab dari batuk darah, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter paru terdekat. Dokter akan melihat ke dalam rongga mulut Anda untuk memastikan apakah darah berasal dari rongga mulut atau bukan. Jika ternyata bukan, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan dahak dan juga foto XRay. Setelah diketahui secara pasti apakah penyebabnya, dokter akan memberikan terapi yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda. Selain itu Anda juga diharapkan untuk banyak meminum air putih, banyak memakan makanan bernutrisi, menghindari rokok, dan cukup beristirahat. Silahkan menyimak artikel berikut tentang batuk darah Semoga membantu ya, dr. Tri