Tanya Dokter

  • keluar sedikit cairan dari penis

  •  Nathanbiju
    Anggota
    Dok, saya klo onani biasanya keluar cairan dari penis tpi sebelum ejakulasi, cairannya keluar dikit dikit gitu dok. Sewaktu saya mau mandi kan dibuka tuh cdnya keliatan ada kaya benda mirip tahu gitu di cd saya. Itu apa ya dok ? Normal ga sih ?

    Hai Nathanbiju,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Cairan yang keluar saat seorang pria mengalami rangsangan seksual namun belum terjadi ejakulasi disebut dengan cairan pra ejakulasi (cairan prekum). Cairan ini berguna sebagai pelicin (pelumas) saluran sperma sebelum ejakulasi terjadi. Selain itu, cairan pra ejakulasi berfungsi juga untuk menetralisasi asam akibat sisa urin sehingga melindungi sel sperma saat ejakulasi. Cairan pra ejakulasi yang normal berwarna bening atau sedikit keputihan

    Saat berkontak dengan udara bebas, normalnya cairan pra ejakulasi ataupun cairan ejakulasi akan mencair, bukan justru menggumpal. Karenanya, gumpalan cairan keputihan menyerupai tahu yang Anda alami kemungkinan terjadi akibat sebab lain, misalnya infeksi. Beberapa kemungkinan penyebab infeksi ini adalah gonorrhea, sifilis, dan sebagainya. Infeksi ini bisa menyerang saluran sperma atau saluran kemih Anda terutama jika Anda pernah melakukan aktifitas seksual yang berisiko sebelumnya, misalnya bergonta ganti pasangan seksual, berhubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui dengan jelas riwayat seksualnya, atau tidak menggunakan kondom.

    Kami sarankan, Anda memeriksakan diri langsung ke dokter ya.. Biasanya, dokter akan menganjurkan Anda menjalani pemeriksaan laboratorium dengan mengambil sampel dari cairan ejakulasi dan urin Anda. Dengan begitu, jika ada infeksi, dapat terdeteksi dan penanganan pun bisa diberikan tepat sasaran.

    Sebagai langkah awal:

    • Jangan melakukan hubungan seksual berisiko
    • Bersihkan selalu kelamin Anda setiap habis buang air
    • Kenakan pakaian dalam yang bersih
    • Hindari masturbasi, terlebih menggunakan sex toys yang tidak bersih

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah