Tanya Dokter

  • Penyebab dan cara menyembuhkan cerebral palsy

  • selamat malam dok, saya mau bertanya. saya mempunyai teman yang mengidap cerebal palsy.. saat ini usianya 19 tahun. apa penyebab awal sehingga dia bisa terkena cerebal palsy dok? lalu apakah ada kemungkinan dia dapat sembuh dok? terimakasih dok..

    Halo Dewi, 

    Cerebral palsy (CP) atau lumpuh otak adalah kelainan gerakan, tonus/kontraksi otot atau postur tubuh yang disebabkan oleh kerusakan pada otak. Kerusakan otak ini seringkali terjadi sebelum atau saat kelahiran, meski bisa juga terjadi saat sudah lahir karena kondisi tertentu.

    Biasanya gejala muncul pada usia anak-anak atau prasekolah, pada kasus yang berat bisa muncul lebih dini. Secara umum, CP menyebabkan gangguan gerakan yang berhubungan dengan refleks yang abnormal, lemas atau kaku pada anggota gerak (tangan dan kaki) atau batang tubuh, postur tubuh yang tidak normal, gerakan yang tidak terkontrol, berjalan tidak stabil, atau kombinasi beberapa diantaranya. Bisa juga disertai dengan masalah menelan, otot mata yang tidak normal (terlihat tidak fokus/juling), epilepsi dan gangguan pendengaran. 

    Berat atau ringannya CP sangat bervariasi, bisa saja kelainannya samar dan bisa beraktivitas seperti biasa, tetapi ada juga kasus yang sangat berat dan mempengaruhi kemampuan intelektual dan bergantung pada orang lain seumur hidupnya. Sebenarnya banyak kasus CP yang tidak diketahui penyebabnya, tetapi diduga penyebabnya adalah: 

    • Mutasi gen yang menyebabkan perkembangan otak yang tidak normal
    • Infeksi saat ibu hamil yang dapat mempengaruhi janin, misalnya infeksi TORCH (toxoplasma, rubella, citomegalovirus dan herpes)
    • Stroke janin
    • Infeksi pada bayi yang menyebabkan peradangan pada otak atau di sekitar otak, misalnya meningitis
    • Asfiksia (kekurangan oksigen pada otak) yang berhubungan dengan kesulitan saat kelahiran. 

     

    Penanganannya memerlukan kerjasama berbagai bidang ilmu kedokteran, tergantung gejala yang ditimbulkannya. Dokter akan melakukan pemeriksaan yang diperlukan untuk mengetahui penanganan yang tepat. Kemungkinan sembuh sempurna biasanya sangat sulit, tetapi bisa dioptimalkan fungsi-fungsi tubuhnya dengan fisioterapi rutin. Terapi wicara, terapi okupasi dan terapi biofeedback bisa dilakukan tergantung gejala yang muncul. Pada orang dewasa, masalah yang muncul seringkali adalah depresi, maka dari itu dukungan dari orang-orang terdekat sangat penting. 

    Selengkapnya tentang cerebral palsy  bisa dibaca di: Cerebral Palsy

    Salam, 

    dr. Mega