Tanya Dokter

  • Penyebab sesak napas selain asam lambung

  •  anonymous
    Anggota

    Dok, sudah hampir seminggu saya mengalami sesak napas. Saat berkonsultasi dengan dokter, saya diberi obat paracetamol (3x1), ciprofloxacin (2x1), salbutamol (2x1), ambroxol (3x1) dan satu lagi obat berwarna kuning berbentuk oval kecil saya tidak tahu namanya (3x1). Awalnya saya kira sesak napas ini berasal dari asam lambung. Tapi dari obat yang diberi dokter, tdk ada obat lambungnya. Jadi sebenarnya, sesak napas saya ini berasal dari mana? Lalu, jika saya tidak batuk apakah ambroxolnya harus tetap diminum? Terimakasih, dok! Mohon segera balasannya :))

    Hai,   Anda sebaiknya menanyakan kepada dokter mengenai kondisi Anda sedetilnya. Karena dokter yang memeriksa Andalah yang mengetahui kondisi Anda dan paahm sepenuhnya permasalahan yang terjadi pada Anda. Penyebab sesak nafas sangat banyak antara lain :

    1. Asma bronkiale
    2. PPOK ( penyakit paru Obstruktif kronis )
    3. Alergi anafilaktik
    4. Sinusitis
    5. Tumor / Kanker paru
    6. TBC
    7. Emfisema
    8. GERD
    9. Anemia
    10. Hiatus hernia
    11. Obesitas
    12. Penyakit / gangguan pada jantung
    13. Serangan panik, stress, kecemasan.
    14. dll
    Untuk mengetahui penyebab sesak nafas Anda maka pemeriksaan secara seksama dan tes medis seperti X-Ray, rekam jantung, USG dll akan diperlukan. Jika setelah pengobatan sesak Anda tidak membaik atau bahkan bertambah maka Anda bisa memeriksakan diri kembali ke dokter untuk pemeriksaan lanjutan. Pertolongan sesak nafas ditujukan kepada kondisi penyebabnya,  sebagai contoh bila sesak Anda diakibatkan infeksi pada paru maka pemberian antibiotik dan obat sesak seperti salbutamol akan memperbaiki kondisi Anda, namun jika penyebab keluhan Anda adalah gangguan pada jantung maka obat jantung akan dibutuhkan untuk mengurangi sesak nafas Anda. Baca topik terkait keluhan Anda : Beberapa tips untuk mengurangi sesak antara lain :
    1. Hindari stress. Stres dapat memicu produksi asam lambung naik. Anda dapat memulainya dengan lebih rileks (misalnya dengan meditasi, yoga, dll) dan pastikan Anda istirahat dengan cukup
    2. Pola makan yang baik dan tidak terlambat makan
    3. Gaya hidup sehat dengan tidak merokok, membatasi konsumsi kafein, tidak minum alkohol maupun soda
    4. Camilan sehat pada sela waktu makan
    5. Kurangi konsumsi makanan dengan lemak jenuh tinggi (seperti gorengan, dll)
    6. Olahraga teratur sesuai kemampuan.
    7. Kurangi berat badan jika berat Anda berlebih.
    Semoga membantu.   dr. Yusi