Tanya Dokter

  • Penyebab gatal-gatal di seluruh tubuh

  •  Subhan Lucky
    Anggota

    Selamat malam.. Saya pnya saudara yg gatal2 dsluruh tubuh sdh slama setahun ini.. Gatal2 trasa kseluruh tubuh hingga mata dan kepala jg trasa gatal. Sdh berobat kbeberapa dokter nmun ad slh satu dokter menganjurkan cuci drah. Yg sya tanyakan, ap penyebab gatal2 tersebut, apakh harus dicuci darah..!?? atas jwabannya sya ucapkan trimakasih..

    Selamat siang Subhan, Rasa gatal adalah suatu gejala dimana terjadi sensasi kulit yang tidak nyaman yang disebabkan oleh banyak faktor. Gatal-gatal dapat merupakan kondisi yang umum terjadi dan dapat hilang sendiri atau dapat menjadi indikasi penyakit yang serius jika muncul pada seluruh tubuh dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama disertai dengan gejala lainnya. Jika dokter yang melakukan pemeriksaan menyarankan untuk cuci darah berarti kemungkinan gatal yang dialami oleh  saudara Anda disebabkan oleh penyakit gagal ginjal kronis stadium akhir. Salah satu fungsi ginjal adalah membuang zat-zat sisa yang bersifat racun dari dalam darah keluar tubuh melalui urin. Kondisi gagal ginjal membuat kemampuan atau fungsi dari ginjal menurun dan menyebabkan penumpukan zat-zat sisa di dalam tubuh salah satunya adalah ureum. Kadar ureum yang tinggi ( toksik uremik) di dalam tubuh inilah yang mengakibatkan munculnya rasa gatal pada penderita gagal ginjal. Baca artikel tentang gagal ginjal kronis dibawah ini : Gagal ginjal kronis Untuk memastikan penyebab gatal yang terjadi sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter secara langsung untuk dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan juga beberapa tes medis yang diperlukan sehingga penanganan yang sesuai dapat diberikan segera. Kondisi lain yang menyebabkan munculnya gatal antara lain :

    • Penyakit kulit
    • Kulit kering
    • Gangguan saraf
    • Reaksi alergi dan iritasi
    • Penyakit hati
    • Gangguan tiroid
    • dll
    Baca artikel berikut : Risiko penyakit serius dibalik rasa gatal Sebaiknya untuk tidak menggaruk gatal yang dirasakan karena dapat menyebabkan timbulnya infeksi sekunder atau luka cukup diusap saja dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter mengingat gatal yang dialami sudah berlangsung lama. Terima kasih, dr. Rievia

    Sebagai tambahan, Baca artikel dibawah ini : Cuci darah untuk mengatasi gagal ginjal Terima kasih