Tanya Dokter

  • Penyebab keluarnya cairan dari vagina

  •  sundandy
    Anggota

    Dok, saya wanita 28 tahun dengan siklus menstruasi normal. namun 2 hari ini vagina saya mengeluarkan cairan berwarna oranye dan berbau seperti buah (pepaya). periode menstuasi saya sudah selesai sekitar 10 hari yang lalu. tidak ada keluhan lain seperti gatal pada vagina atau kram perut, dsb.  menurut Dokter apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya. terima kasih.

    Halo,   Cairan vagina yang normal adalah cairan vagina yang tidak berwarna (jernih), tidak berbau dan tidak menunjukkan gejala papaun. Adanya perubahan warna pada cairan vagina Anda bisa menjadi satu pertanda adanya gangguan pada organ intim Anda seperti infeksi. Infeksi yang mungkin terjadi bisa disebabkan karena :

    1. infeksi menular seksual = gonore, chlamidia, trikomonas dll.
    2. Vaginosis bakterial
    3. Infeksi rahim
    4. Tanda awal kanker.
    5. Penyakit radang panggul
    6. fistula anovaginal
    7. dll.
    Untuk menentukan penyebab dari keluhan Anda maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan dan melakukan tes medis yang diperlukan seperti tes cairan vagina, USG, pap smear dll. Dengan mengetahui penyebab dari keluhan Anda maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Untuk membantu mengurangi keluhan Anda maka jagalah kebersihan organ intim Anda dengan baik, melap kering organ intim dan menggunakan celanan dalam berbahan katun yang tidak ketat. Baca topik Cairan vagina abnormal. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi