Tanya Dokter

  • Faktor penyebab keputihan

  • Selamat pagi dok. Saya mau tanya bagian intim saya gatal, serta warna keputihan saya putih bening, kadang putih susu.. dan saat haid juga terkadang gatal. Kira-kira apa penyebabnya ?.. bolehkan pakai obat keputihan seperti albotil untuk sementara sebelum berobat ??

    Hai, Secara normal cairan vagina diproduksi oleh tubuh untuk membersihkan organ intim. Pada kondisi tertentu produksi cairan vagina dapat meningkat, seperti menjelang menstruasi, saat ovulasi, dalam masa kehamilan, dan sebagainya. Cairan vagina yang normal adalah yang tidak berwarna (jernih atau putih), tidak berbau, dan tidak disertai rasa gatal atau nyeri. Keputihan yang gatal merupakan kondisi yang tidak normal dan dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab berikut ini:

    Albothyl mengandung Policresulen yang dapat berfungi sebagai antiseptik. Policresulen yang telah dicairkan sesuai dosis anjuran dapat digunakan untuk membersihkan organ intim dan mengatasi iritasi. Namun penggunaan Policresulen dalam bentuk ovula (obat yang dimasukkan ke dalam vagina) harus sesuai anjuran dokter. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bila keluhan tidak kunjung membaik. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, seperti tes cairan vagina, tes darah dan sebagainya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai penyebab yang mendasarinya. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Mengenakan pakaian dalam dengan bahan lembut, menyerap keringat, dan tidak ketat
    • Ganti pakaian dalam setiap kali sudah terasa lembab atau basah
    • Biasakan membersihkan organ intim dengan arah yang benar (dari depan ke belakang)
    • Hindari penggunaan pembersih vagina yang terlalu sering karena dapat menyebabkan gangguan keseimbangan flora normal dalam vagina, akibatnya rentan terjadi iritasi dan infeksi
    • Selama dalam pengobatan gunakan pengaman (kondom) saat berhubungan intim
    Baca laman artikel berikut ini: Keputihan Tanda ketidaknormalan cairan vagina Cara mengatasi keputihan Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman