Tanya Dokter

  • Penyebab keputihan abnormal dan gatal pada vagina

  •  icha. R
    Anggota

    Dok sy icha mau bertanya. Kenapa ya setiap kali sy melakukan hubungan seksual dg suami sy,sy pasti ngerasain sakit dan gatal-gatal pd daerah V sampai ke dalam-dalam dan akan mengeluarkn cairan keputihan yg abnormal kayak putih seperti susu,lalu dilihat secara kasat mata itu brwarna kekuningan,kehijauan dan keabu-abuan dok. Itu penyebabnya apa ya dok? Dan bagaimana cara mengatasinya? Trima kasih dok

    Hai, Secara normal cairan vagina diproduksi oleh tubuh untuk membersihkan organ intim. Pada kondisi tertentu cairan vagina akan meningkat produksinya, seperti menjelang menstruasi, saat ovulasi, dalam kehamilan, saat wanita terangsang secara seksual, dan lainnya. Cairan vagina yang normal adalah yang tidak berwarna (jernih atau putih), tidak berbau, dan tidak disertai rasa gatal atau nyeri. Keluhan yang Anda alami berupa keputihan yang berwarna (putih susu, kuning, hijau, keabuan) disertai rasa gatal dan nyeri merupakan kondisi yang tidak normal. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:

    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menganjurkan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti tes cairan vagina, tes darah, dan lainnya. Dengan mengetahui penyebab yang mendasarinya maka penanganan yang tepat akan dapat segera diberikan. Anjuran yang dapat dilakukan:
    • Kenakan pakaian dalam dengan bahan yang lembut dan tidak terlalu ketat
    • Mengganti pakaian dalam setiap kali sudah terasa lembab atau basah
    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Biasakan membersihkan organ intim dengan arah yang benar, yaitu dari depan ke belakang
    • Gunakan pengaman (kondom) saat berhubungan seksual selama masih dalam masa pengobatan
    • Lakukan pengobatan bersama dengan pasangan untuk menghindari terjadinya efek ping-pong (kembali saling menularkan)
    Baca laman artikel berikut ini: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman

    icha. R  icha. R
    Anggota

    Terima kasih Dok