Tanya Dokter

  • Penyebab tumbuh mata ikan di kaki

  • Pagi dok..saya mau tanya saya mengalami ada benjolan dtelapak kaki selama 4 thn saya sudah melakukan operasi selama 4 kali...setelah operasi yg ke 4 itu udh 1 thn ternyata timbul lg..apa kah hrus dbedah lg atau tdk ya dok?itu mata ikan atau tumor jinak ya dok?

    Halo Intji.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami berupa mata ikan atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai clavus, merupakan suatu penebalan kulit akibat tekanan dan gerekan yang terjadi berulang kali.

    Cara berjalan, tipe Alas kaki, jenis aktivitas, dan bahkan berat badan dapat mempengaruhi bentuk dan letak tumbuhnya mata ikan, selain itu dapat saja mata ikan kembali mengalami kekambuhan.

    Mata ikan yang terinveksi bisa terasa nyeri, meradang, berisi nanah dan cairan bening. Peradangan yang terjadi dapat menyebar ke bagian kaki lainnya. Sama seperti kepalan, mata ikan baru terasa nyeri ketika berjalan ataupun mengenakan sepatu.

    Jika memang sudah sangat mengganggu, mata ikan biasanya akan direkomendasikan oleh dokter untuk diangkat atau dibedah, jika sebelumnya pengobatan dengan memberikan obat yang dioleskan ke mata ikan tidak berhasil.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat mencegah timbulnya mata ikan, diantaranya adalah : memakai Alas kaki dengan ukuran yang sesuai, menjaga kaki tetap bersih agar terhindar dari infeksi, memotong lapisan keratin menggunakan pisau bedah dengan tujuan untuk membentuk ulang kulit agar terlindung dari gesekan yang berlebihan ( umumnya dilakukan oleh dokter ).

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati