Tanya Dokter

  • Penyebab mimisan pada anak

  • Dok..knp anak saya selalu sering mengalami mimisan dan itu terjadi dalam keadaan tidur,bagaimana penanganan ny yang benar.Tksh

    Halo,   Mimisan bisa disebabkan beberapa kondisi seperti :

    1. Kebiasaan mengorek hidung sampai dalam
    2. trauma hidung = terbentur keras dll.
    3. Cuaca dingin dan kering yang ekstrem
    4. Infeksi hidung
    5. Sinusitis
    6. Tumor hidung = polip dll.
    7. Kanker
    8. Efek obat tertentu
    9. dll.
    Jika kondisi mimisan anak Anda disertai demam, perdarahan gusi, memar di tubuh lain atau terjadi > 2kali dalam seminggu maka segera periksakan anak Anda ke dokter anak terdekat. Pemeriksaan seksama dapat mengetahui penyebab dan mengatasinya sesuai dengan kondisi penyebab mimisan pada anak Anda. Penanganan pertama yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Bangunkan anak Anda dan duduk tegak dengan kepala menunduk untuk mencegah darah masuk ke tenggorokan.
    2. menghentikan perdarahan dengan menekan ( menjepit bagian hidung atas dengan 2 jari) hidung bagian atas atau memberikan kompres dingin pada hidung bagian atas anak Anda.
    3. Usahakan suhu kamar saat tidur tidak terlalu dingin, jika kondisi udara sangat kering, Anda bisa menambahkan humidifier atau ember berisi air panas di dalam kamar Anda untuk membantu melembabkan udara. Pastikan ember jauh dari jangkauan anak.
    4. Hindari kebiasaan mengorek hidung.
    5. Hindari kebiasaan merokok di dekat anak.
    Jika cara diatas tidak membantu maka segera hubungi dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan optimal. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi