Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri pada punggung

  •  febriza putra
    Anggota

    selamat malam dok. saya penderita skoliosis sudah hampir 2 tahun. dan dalam beberapa bulan terakhir punggung saya terasa nyeri dan sesak napas. apakah hal tersebut efek dari skoliosis?

    Halo febriza.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, scoliosis merupakan suatu kondisi dimana tulang belakang melengkung ke samping. Derajat kelengkungan tulang belakang diukur dengan sudut. Semakin besar sudut, risiko kondisi scoliosis yang serius semakin meningkat.

    Berikut ini beberapa gejala skoliosis, diantaranya adalah : kedua bahu tidak sama tinggi, salah satu tulang belikat lebih menonjol dibandingkan dengan yang lainnya, pinggang yang tidak sama tinggi, salah satu Panggul lebih tinggi dari bambu lainnya.

    Nyeri pada tulang belakang atau tulang punggung disertai dengan sesak napaas, merupakan tanda - tanda skoliosis yang biasanya sudah dalam tahap skoliosis berat. Selain itu Anda biasanya juga akan merasa lemas, timbul gangguan psikologis, dan lain sebagainya.

    Oleh karena itu, kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis ortopedi atau pulang terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan Rontgen, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Peluang scoliosis dapat disembuhkan atau tidaknya akan tergantung dari usia, seberapa parah kelengkungan tulang, dan apakah kondisi bertambah buruk seiring waktu. Banyak orang dengan skoliosis tidak memerlukan perawatan apapun, sementara segelintir lainnya perlu melakukan operasi tulang belakang.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SKOLIOSIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati