Tanya Dokter

  • Penyebab dan penanganan demam disertai tenggorokan seperti mengganjal

  • selamat pagi dok,, sudah 5 hari ini tenggorokan saya seperti ada yang mengganjal tapi tidak sakit dan juga di dada seperti tertekan dok bukan cuma itu hidung saya agak membengkak tapi tidak sakit dan juga saya merasa demam dok.. klu boleh tahu dok caranya nyembuhinnya gmn dok ??
    sekian

    Halo Anugrah......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini apabila kita fokuskan kepada demam yang Anda alami, dimana dalam bahasa medis disebut sebagai febris, paling sering dipicu oleh karena daya tahan tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh seperti virus, bakteri, jamur, parasit.

    Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi 37,5 ° Celcius. Demam sendiri dapat disertai dengan gejala : kurang nyaman pada tenggorokan, mual, muntah, gangguan pencernaan, batuk - batuk, bersin - bersin, hidung tersumbat, dada terasa sakit, sesak, pegal linu, nyeri otot, dan lain sebagainya.

    Berikut ini beberapa hal yang kemungkinan menyebabkan kondisi yang Anda alami, diantaranya adalah : peradangan pada tenggorokan, demam berdarah, Peradangan pada Amandel, demam tifoid, infeksi saluran pencernaan, malaria, infeksi saluran kemih.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara :

    • Minum obat pereda demam seperti Parasetamol apabila tidak terdapat kontra indikasi teradap tubuh Anda.
    • Makan makanan yang sehat dan mudah telan seperti sup ayam atau bubur ayam.
    • Minum air putih minimal 2 Liter perhari.
    • Hindari terlebih dahulu mengonsumsi makanan asam, pedas, berlemak, berminyak, bersantan, digoreng, kopi.
    • Stop merokok dan jangan minum minuman keras.
    • Tidur dan istirahat yang cukup.

     

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas, kondisi yang Anda alami semakin memburuk atau demam tidak kunjung Mereda selama tiga hari ke depan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan darah sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan kepada Anda.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    DEMAM

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati