Tanya Dokter

  • Penyebab dan gejala tumor otak

  • Halo dok selamat malam.. Saya ingin bertanya papa saya umur 51 tahun pada pertengahan tahun ini papa saya memberitahu saya bahwa dia mengalami pelemahan fisik pada bagian kiri seperti tangan dan kaki nya.. Papa saya juga mengalami, setiap duduk (duduk di lantai maupun bangku) tiba2 posisi duduk nya berubah ke kiri terus, kata papa dia selalu ga sadar kalau posisi duduknya tiba2 ke kiri, seperti orang mau senderan ke kiri tapi puji sisi tangan dan sikunya tidak menempel pada apapun jadi seperti menggantung. Memang sebelum papa mengeluhkan merasa lemah fisiknya pada bagian kiri, papa sempat mendorong motornya yang mogok dalam jarak yang cukup jauh, lalu setelah beberapa minggu papa merasa fisik kirinya melemah.. Sudah 3 minggu papa cek ke rs tapi sampai sekarang belum keluar hasil apa2. Hari ini papa sempat menonton di youtube sebuah kesaksian yang mengalami pelemahan fisik pada bagian kirinya juga, dan dia di diagnosa mengalami tumor otak, dan gejalanya pun hampir sama seperti papa saya alami. Apakah pelemahan fisik bagian kiri merupakan salah satu gejala tumor otak? Kalaupun memang bukan gejala dari tumor otak, apa penyebab papa saya mengalami pelemahan fisik di bagian kirinya? Mohon di bantu jawab dok Terimakasih! Tuhan memberkati!

    Sylvia yang baik,

    tumor otak sejatinya merupakan jaringan yang tumbuh melebihi ukuran seharusnya. Tumor ini bisa ganas maupun jinak. Ganas berarti memiliki kemampuan menyebar pada organ lain, meskipun biasanya pada tumor otak ganas, pasien biasanya sudah meninggal sebelum tumor sempat menyebar. Perlu diingat bahwa batok kepala sangatlah keras, didalamnya hanya terdapat 3 komponen yakni otak, cairan otak, dan darah yang mengalir dalam pembuluh darah. Ketiga komponen ini hidup harmonis dengan porsinya masing-masing. Bila terjadi pembesaran salah satu porsi, misalnya pada kasus tumor otak, maka tumor ini dapat menekan otak dan komponen lainnya menyebakan fungsi terganggu. Bagian yang tertekan akan menimbulkan gejala, misalnya pelemahan anggota gerak, muntah menyemprot, gangguan bahasa hingga penurunan kesadaran. Jadi bukan hanya pelemahan tubuh sebelah kiri saja yang merupakan ciri tumor otak melainkan bisa semua bagian yang melemah, tergantung letak tumor.

    Adapun mengalami kelemahan separuh tubuh, selain tumor otak perlu juga dipikirkan kemungkinan lainnya seperti stroke mulai dari tahap yang ringan hingga yang berat. Selain itu infeksi otak, kekurangan elektrolit, juga dapat menyebabkan lemasnya tubuh. Untuk mengetahui secara pasti, tentu perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter, termasuk pemeriksaan penunjang seperti CT Scan untuk melihat langsung kondisi isi kepala tersebut. Oleh karenanya kami merekomendasikan Anda untuk memeriksakan ayah Anda segera pada dokter saraf bila memang kelemahan tubuh tak kunjung membaik. Berikut kami lampirkan artikel mengenai tumor otak. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief