Tanya Dokter

  • Penyebab perbaikan penyakit pada pasien gagal ginjal

  •  Feby Yuke
    Anggota

    dok saya seorang mahasiswa gizi, dokter saya mau tanya , pasien ini didiagnosa awal dengan  penurunan kesadaran ec uremic ensepalopati,CKD stg V ec nefropati obstruksi ec ca buli, hemel ec uremic bleeding, anemia ringan NN ec pendarahan akut, BP duplek.ureum dan kreatinin nya turun dalam 5 hari menjadi normal sehinggi diagnosa nya berubah jadi CKD stage II, dan pasien tidak ada riwayat hipertensi hanya saja ketika diraat memiliki tekanan darah yang tinggi dokter.bagaimana penjelasannya dokter. terima kasih atas bantuannya.

    Feby Yuke  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Feby,

    Penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis merupakan penyakit yang disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal secara bertahap. Fungsi ginjal adalah menyaring darah guna membuang zat sisa metabolisme dalam tubuh sehingga bila fungsi ini terganggu akan terjadi penumpukan cairan dan limbah didalam tubuh.

    Gagal ginjal kronis juga akan menyebabkan anemia (kekurangan darah) dan hal ini dapat menjadi salah satu indikator apakah gagal ginjal yang terjadi memang bersifat kronis atau akut. Gagal ginjal akut umumnya masih dapat terjadi perbaikan pada fungsi ginjal bila penyebab gagal ginjal teratasi.

    Gagal ginjal sendiri diklasifikasikan berdasarkan tingkatnya. Gagal ginjal stadium 5 disebut juga sebagai end-stage renal disease (penyakit ginjal terminal) dan satu-satunya langkah dalam menangani kondisi tersebut adalah dengan melakukan transplantasi ginjal ataupun hemodialisis (cuci darah).

    Penyebab perbaikan pada pasien tersebut hanya dapat dipastikan setelah dilakukan pemeriksaan secara langsung. Namun pada kondisi pasien tersebut perbaikan dapat terjadi akibat :

    • Transplantasi ginjal
    • Hemodialisis atau dialisis peritoneal (melalui cairan peritoneum/rongga perut)
    • Obstruksi akibat kanker kandung kemih teratasi
    • Bila Anda merasa ragu mengenai kondisi yang dialami pasien Anda maka sebaiknya Anda mendiskusikanya dengan dokter yang merawat pasien tersebut (catatan : Harus dengan persetujuan pasien !) agar mendapat informasi yang sesuai dengan pasien tersebut.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Gagal ginjal kronis - Gagal ginjal akut

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono