Tanya Dokter

  • penyebab vagina berdarah setelah olahraga

  • Halo dok selamat malam Saya berumur 15th, 3 hari yang lalu saya seusai olahraga dalam waktu sejam yaitu lari maraton, lari ditempat, squat (turun posisi kaki 90° lalu berdiri kembali), dan olahraga yang tangan saya di tempel ke dinding lalu angkat salah satu kaki setinggi2nya. Saat melakukan squat saya merasa seperti ada cairan yang keluar, rasanya seperti keluar darah haid tapi saya tau bahwa saya sudah selesai haid seminggu yang lalu dan itu cuma cairan bening yang kental. Tapi setelah saya cek ternyata di cairan bening itu ada bercak darahnya, tidak banyak, saya takut ada apa2nya dok terlebih lagi masalah virginitas, padahal saya masih muda. Lalu 2 hari setelah kejadian itu saya kembali olahraga tapi hanya lari maraton dan lari ditempat saja sekaligus menahan badan pada dinding seperti push up. Dan keluar lagi bercak bercampur cairan bening kental tapi sangat sedikit. Apakah selaput dara saya pecah dok ? Tapi saat keluar bercak saya tidak merasakan rasa ngilu, atau sakit, hanya seperti menstruasi yang keluar. Apa yang terjadi dok? Mohon bantuannya terimakasih.

    fb-annisa iqlimaputri  dr. Danny
    Dokter

    Hai. Muncul bercak darah dapat disebabkan karena banyak hal. Jika muncul bercak darah sedikit pada saat setelah melakukan olahraga seperti marathon dan squat, maka hal tersebut dapat disebabkan karena suatu robek nya selaput dara/ hymen. Selaput dara dapat mengalami robekan pada saat melakukan hubungan sex atau robek karena aktifitas misalnya olahraga seperti squad atau senam. robekan pada selaput dara tersebut dapat hanya terjadi sedikit. Biasanya robekan selaput dara karena aktifitas fisik tidak menyebabkan rasa sakit. Tetapi bisa saja keadaan yang anda alami disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • infeksi jamur
    • infeksi bakteri
    • infeksi amuba
    • tanda awal haid
    • mioma uteri
    • dll
    Oleh karena itu, untuk memastikan penyebab dari keadaan anda maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan, sehingga nanti dokter dapat memeriksa langsung keadaan selaput dara anda. Atau mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan USG jika memang diperlukan. berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Selaput dara semoga bermanfaat. Terimakasih dr. Danny