Tanya Dokter

  • Apakah saya sakit rematik?

  • Dok, Apa saja faktor penyebab dan pencegahanya dari penyakit kebas, Pegal, kesemutan. Saya masih muda apa mungkin diagnosa Rematik.

    Halo,   Kesemutan atau parestesia dalam dunia medis adalah sensasi seperti rasa tebal / baal / mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Pada kebanyakan kasus kesemutan bisa terjadi karena adanya penekanan berlebih pada pembuluh darah / saraf tertentu saat kita bersila terlalu lama, jongkok terlalu lama, menyilangkan kaki terlalu lama dll. Hal ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya begitu efek penekanan dihilangkan dengan mengganti posisi / meluruskan kaki selama beberapa saat. Namun rasa kesemutan juga bisa menjadi indikasi dari penyakit tertentu seperti :

    1. Diabetes mellitus = karena terjadi kerusakan saraf dan pembuluh darah akibat penyakit DM maka kebanyakan pasien Dm sering mengeluh kaki kesemutan dan tebal.
    2. Sindrom carpal tunnel = reaksi nyeri / pegal pada jari jari tangan akibat penekanan/ peradangan pada urat / tendon tertentu akibat penggunaan berlebih (overuse).
    3. Sciatica = reaksi pegal pada daerah bokong akibat peradangan saraf, peradangan otot piriformis dll akibat over use, DM dll.
    4. Stroke = kesemutan / rasa tebal pada salah satu sisi tubuh akibat adanya perdarahan / iskemia pada bagian otak.
    5. Defisiensi vitamin B12.
    6. alkoholisme kronis.
    7. Efek samping obat tertentu.
    8. Tumor pada bagian tertentu yang menekan saraf / pembuluh darah.
    9. Plak / Atherosclerosis pada pembuluh darah.
    10. Keracunan zat kimia seperti merkuri dll.
    11. Penimbunana asam lakat berlebih pada otot.
    12. dll.
    Pemeriksaan secara seksama dan tes medis tertentu seperti CT SCAN, MRI, Tes darah dan USG sendi tertentu bisa mengetahui penyebab kesemutan pada Anda. Jika penyebab kesemutan Anda telah diketahui maka pengobatan bisa diberikan secara optimal. Pencegahan kesemutan yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Olahraga teratur.
    2. Hindari DM dan Kolesterol, Jika sudah menderita maka kendalikan gula darah dan kadar kolesterol Anda.
    3. Berhenti merokok.
    4. Hindari alkohol.
    5. Makan makanan gizi seimbang.
    6. Istirahat cukup.
    7. Hindari terpapar bahan kimia.
    8. Minum vitamin / makanan yang mengandung vitamin B.
    Baca artikel Sering kesemutan. Baca topik Kesemutan. Jika gejala kesemutan / pegal / baal Anda berkelanjutan maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter ortopedi / syaraf untuk penanganan maksimal. Semoga membantu.   dr. Yusi