Tanya Dokter

  • penyembuhan pasca operasi hemorhoid?

  • Selamat siang dok,dok saya habis operasi hemorhoid seminggu yang lalu,yang ingin saya tanyakan sampai sekarang darah masih keluar dok,rasa nyeri juga masih ada...itu berbahaya tidak dok?saya boleh pakai obat salep untuk mengurangi nyerinya tidak dok??kemarin saya juga habis pingsan,apakah itu karena hbs operasi?terimaksih dok

    Hai Desty, setelah operasi hemoroid, memang biasanya akan ada beberapa gejala yang wajar terjadi, seperti:

    1. Nyeri. Jangan panik, karena nyeri pasca operasi hemoroid dapat berlangsung 7-10 hari bahkan lebih. Tetapi akan berkurang seiring berjalannya waktu.
    2. Perdarahan, biasanya akan terjadi sampai luka menutup sempurna. Menempatkan kain kasa di daerah luka post operasi akan  menbantu menyerap darah dan melindungi pakaian anda. Konstipasi, feses yang keras, aktivitas yang berlebihan, akan menambah banyaknya darah yg keluar dari luka. Oleh karena itu dianjurkan untuk banyak minum dan makan makanan tinggi serat. jika terjadi perdarahan yang banyak dan tiba tiba, dianjurkan untuk segera menemui dokter bedah anda.
    3. Bengkak pada daerah operasi juga wajar muncul, dikarenakan reaksi tubuh pada luka dan jahitan yang dilakukan di area tersebut. Tidak ada patokan waktu berapa lama seharusnya bengkak ini. Tetapi umumnya setelah operasi, akan ada obat obatan dari dokter untuk nyeri dan bengkak yang anda alami.
    4. Konstipasi adalah gejala yang sering terjadi paska operasi yang melibatkan anastesi. Biasanya akan berlangsung sekitar 24-48 jam. Penting untuk anda meminum banyak cairan, dan makan makanan berserat, agar konstipasi ini tidak mengganggu proses pemulihan luka operasi. Pemakaian obat obatan anti nyeri yang cukup keras juga dapat menimbulkan konstipasi.
    5. Sulit buang air kecil
    6. Mual mual
    Dari informasi yang anda sampaikan, sepertinya gejala nyeri dan pendarahannya masih dalam batas normal. Tetapi untuk lebih jelasnya, lebih baik anda kontrol kembali ke dokter bedah anda. Semua obat obatan yang anda pakai saat ini haruslah berdasarkan resep dokter bedah anda, untuk mengurangi efek yang tidak diinginkan akibat ketidaktahuan kita. Pingsan yang anda alami mungkin diakibatkan nyeri dan kondisi tubuh yang belum fit sehabis operasi. Kami sangat menyarankan anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter bedah anda. Jika anda ingin lebih mengetahui tentang operasi hemoroid, silahkan untuk mengunjungi situs Ini. Tips dari kami:
    • Selalu jaga agar luka operasi tetap kering dan bersih, agar penyembuhan luka lebih cepat terjadi
    • banyak minum, makan makanan berserat,  dapat mengurangi konstipasi dan keluarnya feses yang keras yang biasanya memperlama penyembuhan luka.
    • Kompres es pada daerah luka post operasi, dapat mengurangi bengkak
    • Berendam dengan air hangat dapat mengurangi nyeri di area operasi.
    • Agar tidak terlalu mengganggu saat anda duduk, bantal berbentuk donat/ bolong di tengah,  juga dapat meringankan nyeri yang anda alami saat duduk.
    demikian info dari kami, semoga bisa bermanfaat.