Tanya Dokter

  • Penyembuhan setelah operasi submandibula

  • Pagi dokter, saya berusia 27 tahun. Selasa lalu saya baru menjalani operasi pengangkatan tumor submandibula. Saat ini saya sedang rawat jalan dan minum obat2an dari dokter. Tp pasca operasi, setiap waktu saya selalu merasa pusing seperti hilang keseimbangan. Luka bekas operasi masih mengeluarkan darah. Yg mau saya tanyakan berapa lama waktu yg dibutuhkan agar luka operasi cepat kering? Apakah ada pantangan makanan tertentu yg tidak boleh dikonsumsi? Sy sudah 2 hari makan anggur, ketika saya cari di internet ternyata anggur merupakan buah yg dilarang setelah operasi, apakah hal tsb benar dok? Terimakasih dokter.

    Hai Linda,

    Sampai saat ini, tidak ada studi khusus yang kemudian menganjurkan untuk menghindari anggur paska operasi. Buah anggur bahkan dipercaya mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka operasi.

    Paska operasi tumor mandibula, lama penyembuhannya akan bergantung pada besar luka operasi, perawatan lukanya, nutrisi penderita serta komplikasi yang timbul.

    Umumnya, luka operasi dapat mengering dalam waktu sekitar 2 minggu.  Jika melewati waktu tersebut luka bekas operasi Anda masih basah, maka sebaiknya Anda berkonsultasi langsung kembali dengan dokter.

    Luka operasi yang masih mengeluarkan darah bisa diakibatkan oleh, pergerakan di area sekitar bekas operasi, luka tidak rapat, dan adanya infeksi yang timbul. Anda dapat memastikannya lewat dokter.

    Saran kami, untuk mendapatkan luka paska operasi yang cepat sembuh:

    • Makan makanan bergizi. Baca panduan berikut: Makanan yang perlu untuk penyembuhan luka operasi
    • Hindari pergerakan berlebihan di area rahang bawah Anda
    • Rawat luka dengan bersih, ganti perban secara teratur.
    • Kontrol secara teratur dengan dokter Anda
    • Hindari rokok, alkohol, makanan olahan dan cepat saji, makanan manis

    Demikian, semoga membantu