Tanya Dokter

  • Penyembuhan radang usus besar

  •  radhitautami
    Anggota

    selamat siang dok,

    Perkenalkan saya radhita usia baru 21, Akhir Januari 2015 saya masuk RS di diagnosa maag akut. Tp terjadi pendarahan dan harus di bawa ke RS Mitra bekasi. Setelah di ICU dan di klonoskopi pendarahan saya terjadi di daerah usus besar. Dan dokter menyatakannya saya sakit radang usus, hingga saat ini perut saya masih suka bunyi dan sakit seperti di remas. Apa yg harus saya lakukan dok? Apakah sakit saya menuju pada kanker? Tp setelah di tes saya jauh dari kanker. Mohon solusinya.

    Terima kasih

    Hai Terdapat 2 tipe peradangan usus besar (kolitis), yaitu kolitis useratif dan Chron. Pengobatan dari peradangan usus besar terkadang sulit dan sering adanya kekambuhan kembali, pengobatan yang diberikan hanya untuk meredakan gejala dan untuk mencegah kekambuhan. Pengobatan yang diberikan antara lain:

    • Antibiotik
    • Obat antiinflamasi non steroid (NSAID)
    • Kortikosteroid
    • Obat imunosupresan
    • Obat lain seperti antidiare, suplemen, dll.
    Jika dengan pengobatan, perbaikan pola makan, dan terapi lain tidak menunjukan adanya perbaikan maka dipertimbangkan untuk dilakukan tindakan operasi. Operasi pada peradangan usus tipe ulseratif memberikan kesembuhan lebih besar dibandingkan pada tipe Chron. Untuk mengetahui apakah adanya kanker usus besar, dapat dilakukan tindakan berupa biopsi jaringan usus besar saat melakukan prosedur kolonoskopi. Dari hasil biopsi tersebut dapat dilihat dibawah mikroskop apakah adanya sel kanker atau tidak. Informasi mengenai radang dan kanker usus besar dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Peradangan usus besar. Kanker usus besar. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william