Tanya Dokter

  • penyembuhan tulang retak

  •  Leoni Yudady
    Anggota

    Pagi dok, usia saya 25 thn, saya mengalami tulang retak pada bagian tumit, kaki saya sudah dipasang gypsum selama 7 minggu. Tapi kaki saya masih terasa sakit dok. Yang mau saya tanyakan: 1. Berapa lama pemulihan retak tulang tumit setelah pelepasan gypsum? 2. Makan apa yang harus banyak dikonsumsi? 3. Apa saja yang harus dihindari?

    Halo Leoni........ Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa kondisi yang ANda alami berupa patah tulang atau tulang yang ratak pada bagian tumit, biasanya dapat memunculkan gejala : nyeri, bengkak, mati rasa, memar, kesulitan untuk berjalan, , dll. Penyebab dari timbulnya keadaan ini biasanya paling banyak dikarenakan jatuh dengan menopang tumit, dan juga akibat dari benturan dimana biasanya pada saat berolahraga, atau dapat pula pada saat kecelakaan kendaraan bermotor. Pengobatan yang biasanya dilakukan oleh Dokter yaitu dengan cara memasang gips === dimana tujuannya untuk meminimalisasi cedara dan juga untuk menstabilkan tumit Anda ( sehingga tumit posisinya tetap terjaga dan mencegah kerusakan lebih lanjut ). Lama pemulihan atau penyembuhan retak tulang pada tumit pada tiap pasien berbeda - beda, hal ini tergantung dari :

    • Faktor usia pada saat terjadinya retak atau patah tulang
    • Tingkat keparahan retak atau patah tulang
    • jaringan sekitar yang ikut terkena cedera.
    Pada orang dewasa seperti Anda, rata - rata waktu yang dibutuhkan untuk pulit adalah kurang lebih 2 bulan setelah masa pengobatan. Cobalah tips berikut ini untuk mempercepat pemulihan : jika sangat sakit === Anda dapat mengonsumsi obat pereda rasa sakit dari Dokter Anda, menjaga agar gips tetap kering dan tidak terkena air, tidak terburu - buru untuk beraktivitas, makan makanan yang sehat dan bergizi  tepat waktu ( misal : daging tanpa lemak, perbanyak buah dan sayur, perbanyak konsumsi ikan yang dapat dimakan bersama tulangnya, dll. ), minum air putih yang banyak, tidur dan istirahat yang cukup, dan yang paling terpenting adalah rutin kontrol kepada Dokter yang telah menangani Anda. Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda : PATAH / RETAK PADA TULANG Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati