Tanya Dokter

  • Penyebab tersumbatnya cairan pada otak

  • Selamat siang dok ! Saya mau tanya , penyebab dari tersumbatnya cairan pada otak itu di sebabkan dari apa ya dok??

    Halo Nur.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika yang Anda maksud dengan penyumbatan cairan pada otak adalah hidrosefalus, maka gangguan kesehatan ini merupakan suatu penumpukan cairan pada rongga otak atau yang disebut dengan ventrikel, yang mengakibatkan ventrikel didalamnya membesar dan menekan organ.

    Hidrosefalus dapat diderita oleh segala usia, namun kasus ini sebagian besar terjadi pada bayi dan orang lanjut usia. Berdasarkan gejalanya, penyakit Hidrosefalus dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu : hidrosefalus kongenital atau bawaan, Hidrosefalus yang didapat, Hidrosefalus dengan tekanan normal.

    Berikut ini beberapa pemicu terjadinya Hidrosefalus, diantaranya adalah : buruknya mekanisme penyerapan cairan otak akibat radang atau cedera pada otak, terhambatnya aliran cairan serebrospinal akibat kelainan pada sistem saraf, infeksi janin saat masih didalam kandungan, pendarahan di dalam otak, tumor otak, cedera parah di kepala, penyakit stroke.

    Pengobatan utama Hidrosefalus adalah melalui operasi. Tujuannya adalah untuk membuang kelebihan cairan di serebrospinal dalam otak. Salah satu jenis operasi yang biasanya diterapkan pada kasus Hidrosefalus adalah operasi pemasangan shunt.

    Shunt merupakan alat khusus berbentuk seorang yang dipasangkan oleh ahli bedah ke dalam kepala guna mengalirkan cairan otak ke bagian tubuh lain dan diserap oleh pembuluh darah.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    HIDROSEFALUS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati