Tanya Dokter

  • Pusing disertai muntah saat jongkok dan peradangan usus buntu

  • Malam dok. Saya sari untuk waktu seminggu ini saya mengkomsumsi obat untuk penghilang rasa nyeri di karenakan saya kemarin habis sakit radang usus kata dokter nya. yang ingin saya tanyakan adalah apakah bila sakit radang usus buntu untuk jongkok dan duduk terlalu lama menyebabkan sakit kepala(pusing) dan muntah-muntah dok Karna saya mengalami hal itu terus menerus dok. Terimakasih

    Halo sari.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika kita fokuskan kepada keluhan anda berubah pusing yang akhirnya disertai dengan gejala muntah apabila jongkok atau duduk terlalu lama, kemungkinan mengarah ke kondisi yang disebut sebagai hipotensi ortostatik.

    Hipotensi ortostatik sendiri merupakan penurunan tekanan darah yang terjadi akibat perubahan posisi dari duduk/ jongkok/ berbaring ke posisi berdiri secara tiba - tiba. Selain pusing, biasanya gejala yang sering menyertai adalah pandangan yang gelap, mual --- muntah, dan dapat saja pingsan.

    Kondisi yang memicu timbulnya hipotensi ortostatik sangatlah beragam mulai dari kekurangan cairan atau dehidrasi, gangguan sistem hormon, gangguan jantung, gangguan sistem saraf, tidur atau berbaring terlalu lama akibat sakit, paparan panas, konsumsi minuman beralkohol, dan lain sebagainya. 

    Penyakit peradangan pada usus jarang menimbulkan kondisi hipotensi ortostatik, akan tetapi hal ini dapat saja dipicu oleh obat - obatan yang rutin Anda konsumsi pada saat Anda menderita penyakit Peradangan pada usus, jika sebelumnya Anda tidak pernah menderita hipotensi ortostatik.

    Jika sampai saat ini pusing dan juga muntah masih dirasakan, dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati