Tanya Dokter

  • Sering merasa perasaan tidak nyata

  •  shabil
    Anggota
    Halo dok. Saya perempuan 20 taun, udah 3 tahunan ngerasa stress berat karna kuliah dan keluarga. Perasaan tertekan selalu sy rasain bertahun tahun ini, tp akhir akhir ini sering muncul perasaan aneh yaitu sy sering ngerasa 'unreal' sama lingkungan seakan akan sy disitu tp gak disitu, jg kyk sy dan jiwa sy ngerasa terpisah aja dari tubuh dan itu bisa berlangsung berpuluh puluh menit. Knp ya kira kira? Makasih sebelumnya

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Kemungkinan keluhan yang anda alami disebabkan depresi. Gangguan ini ditandai dengan penurunan mood , tidak bersemangat, mudah lelah, sulit fokus pada suatu hal.

    Perasaan tidak nyata yang anda alami merupakan bagian dari depresi yang anda alami dalam bahasa medis disebut sebagai derealisasi. 

    Perasaan ini muncul sebagai mekanisme perlindungan ketika pikiran dan perasaan anda 'menolak' hal tidak nyaman yang timbul disekitar anda

     

    Selain depresi anda juga mungkin mengalami gangguan cemas menyeluruh yang ditandai dengan merasa cemas hampir di setiap waktu terhadap banyak hal, bahkan terkadang kecemasan timbul akibat hal kecil maupun hal yang tidak masuk akal.

    Atau juga kemungkinan anda mengalami gangguan depersonalisasi

     

    Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatn jiwa / dokter psikiatri untuk keluhan yang anda alami. Anda dapat terbuka menyampaikan tentang apa yang anda alami, beban pikiran anda, perasaan anda kepada dokter. 

    Terapi yang akan diberikan dokter dapat berupa obat anti depresi maupun sesi konseling/psikoterapi dengan dokter spesialis.

     

    Anda harus SEGERA mencari pertolongan  apabila gejala yang anda alami menimbulkan niat untuk bunuh diri agar anda tidak merealisasikan hal tersebut.

    Ingatlah bahwa bunuh diri bukan merupakan jalan keluar dari masalah yang anda hadapi 

     

    Anjuran yang saya sarankan untuk anda lakukan :

    -Cobalah untuk terbuka menceritakan apa yang anda alami kepada keluarga atau sahabat yang dapat anda percayai. Mereka akan memberikan saran-saran yang akan mengurangi kecemasan anda. Dengan perhatian dari lingkungan sekitar seseorang cenderung lebih jarang mengalami kecemasan

    -Usahakan untuk berelaksasi dan menyempatkan diri pergi berlibur ditengah kesibukan yang ada

    -Melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran misalnya yoga.

    -Batasi konsumsi rokok dan minuman beralkohol

    -JANGAN mengkonsumsi obat-obatan terlarang

     

    Berikut artikel terkait DEPRESI

     

    Semoga bemanfaat

    Salam, dr. natalia