Tanya Dokter

  • Perawatan kulit dengan masker tomat

  • Halo dok, apa baik/ tidak selese pakai masker tomat dilanjut bilas pakai sabun wajah? Dan apa bagus sih dok masker tomat dibiarkan tidur sampe pagi? Sebaiknya gmana dok, trimakasih

    Terima kasih telah bertanya di ALodokter.com

    Tomat merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan vitamin A, C, dan E yang baik bagi kesehatan kulit karena merangsang kolagen dan memicu kulit untuk menjadi lebih kenyal. Selain itu, tomat juga mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai zat anti radang. Kandungan lainnya dari tomat adalah likopen, yaitu senyawa antioksidan yang bertindak sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas seperti efek negatif paparan sinar matahari berlebih.

    Tomat dapat digunakan sebagai masker wajah dengan mengaplikasikan tomat secara langsung.  Caranya cukup dengan membelah tomat menjadi dua bagian, kemudian gosokkan bagian dalam tomat ke seluruh bagian wajah sambil memerasnya dengan lembut. Biarkan cairan dalam tomat keluar dan membasuh semua bagian wajah Anda. Setelah merata, biarkan selama setidaknya 15 menit agar menyerap ke dalam pori-pori. Setelah itu, bilas dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali. Membasuh dengan air dingin juga bermanfaat untuk membantu agar tidak terjadi penyebaran bakteri. Jika sudah selesai, keringkan kulit wajah dengan cara menepuk-nepuk perlahan dengan handuk. Masker tomat tidak dianjurkan untuk dibiarkan hingga bangun tidur keesokan harinya karena dapat memicu kolonisasi bakteri di kulit sehingga dapat menimbulkan komedo dan jerawat.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti