Tanya Dokter

  • Perawatan luka bakar

  • dok, saya mau tanya , jadi beberapa hari yang lalu saya terkena luka bakar akibat kena air panas, lalu sekarang luka nya itu mmengering merah kehitaman dan saat ini terasa sangat gatal. yg mau saya tanya itu, apakah luka bakar ini harus saya tutup dengan kasa atau tidak? dan bagaimana dengan rasa gatal yang saya alami? kenapa rasa gatal itu timbul dan gimana cara mengatasi rasa gatal ini? terima kasih sebelumnya dokter

    Hai Fildzatil,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Luka bakar terjadi akibat paparan yang sangat panas pada kulit sehingga sel kulit yang terbakar akan mati, kulit yang rusak ini akan menghasilkan protein kolagen sebagai reaksi perbaikan kulit, dan juga membentuk bekas luka, dimana kulit menjadi menebal dan berubah warna. Pada luka bakar derajat ringan, umumnya bekas luka ini akan menghilang dengan sempurna, namun pada luka bakar derajat sedang dan berat hampir selalu meninggalkan bekas luka. Proses penyembuhan luka ini akan menimbulkan sensasi rasa gatal, namun sebaiknya hindari menggaruk luka untuk mencegah komplikasi terjadinya infeksi, perlu diketahui bahwa kuku ataupun tangan Kita dapat membawa berbagai macam bakteri atau kuman. Seringlah mencuci tangan dengan sabun dan pastikan kuku dalam keadaan pendek dan bersih.

    Untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa gatal, kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya. Disarankan untuk mengoleskan gel lidah buaya asli langsung ke daerah yang terkena. Apabila menggunakan produk lidah buaya buatan, pilih produk dengan persentase kandungan lidah buaya yang tinggi. Selain itu, hindari produk yang mengandung bahan aditif, terutama pewarna dan parfum.

    Bila keluhan tidak kunjung berkurang, Kamu dapat memeriksakannya ke Dokter ya, agar diberikan penanganan seperti obat-obatan.

    Jika luka sudah mengering maka tidak perlu ditutup dengan kassa, hanya saja pastikan luka tidak terpapar oleh kotoran seperti debu, pasir. Jika Kamu melakukan aktivitas yang kotor (misal ke pantai) Kamu dapat menutup luka tersebut selama berada di pantai, dan segera membukanya saat berada di rumah.

    Sekian semoga jelas ya.

    dr. Annes