Tanya Dokter

  • Perawatan penyakit batu empedu

  • Selamat malam dokter, saya mau tanya bagaimana perawatan pasien yang di diagnosis menderita penyakit Batu empedu, apa saja yang perlu dihindari karena setiap hari yang dirasakan pasien kadang panas/menggigil tiba2 mutah , dan bagaima penyembuhannya harus melalui oprasi atau bisa dengan cara lain, mohon infonya dokter. Terimakasih

    Halo Diiah Ayu Fajar Rini, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Batu empedu terbentuk karena deposisi (penumpukan) dari cairan pencernaan yang mengeras di dalam empedu. Pada sebagian besar orang, batu empedu tidak memberikan gejala apapun. Seringkali batu dapat keluar dengan sendirinya serta tidak membutuhkan terapi khusus. Namun bila batu empedu menimbulkan gejala yang signifikan, maka terapi pengeluaran batu akan direkomendasikan. Berikut ini adalah beberapa pilihan terapi untuk batu empedu:

    1. Penggunaan obat untuk meluruhkan batu. Penggunaan obat untuk meluruhkan batu empedu biasanya diberikan untuk penderita batu empedu yang tidak bergejala karena dibutuhkan waktu sangat lama, berbulan-bulan hingga beberapa tahun, hingga batu empedu dapat luruh dengan obat-obatan. Obat juga diberikan bila pasien tidak dapat menjalani operasi karena satu dan lain hal.
    2. Endoscopic retrograde cholangiopancreatography (ERCP). ERCP adalah penggunaan endoskopi untuk mengeluarkan batu empedu. Biasanya lakukan bila batu empedu menyumbat saluran keluar batu empedu.
    3. Operasi pengangkatan empedu (cholecystectomy). Operasi pengangkatan empedu direkomendasikan apabila terjadi pembentukan batu empedu berulang yang tidak bisa keluar dengan sendirinya, menimbulkan gejala yang signifikan, ataupun tidak bisa luruh dengan penggunaan obat-obatan tertentu.

     

    Sebaiknya anda diskusikan kembali mengenai penatalaksanaan yang terbaik bagi pasien tersebut dengan dokter  yang merawat dan melakukan pemeriksaan. Pilihan tata laksana akan didasarkan pada kondisi pasien, lokasi batu, ukuran batu, serta banyaknya batu yang terbentuk.

    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terbentuknya batu empedu:

    1. Makan secara teratur, jangan melompati makan atau puasa makan.
    2. Turunkan berat badan perlahan bila sedang dalam program penurunan berat badan
    3. Menjaga berat badan ideal

     

    Sekian yang dapat saya informasikan, semoga dapat bermanfaat

     

     dr. Irna Cecilia