Tanya Dokter

  • Rasa terbakar pada penis setelah mengidap gonore

  •  navatanu
    Anggota
    Dear Alodokter, Sy usia 39 dan tinggal d jambi. Pada awal oktober sy terkena kencing nanah, kemudian sy dpt tindakan medis dari dokter umum berupa injeksi dan tablet antibiotik jenis cra**x 500mg, tapi sakitnya muncul lagi. Selang 1 minggu saya berobat lagi ke salah satu klinik khusus seksual d jakarta, sy cek darah, urin, dan sampel dari mr.p...hasilnya lekosit tinggi, fungsi ginjal bagus, hiv negatif, urin keruh kuning. Dan atas hasil tes itu sy diobati pakai infusan jenis di**yn 2% 2x dlm 3 hr dan sy dikasih resep cra**x 500mg x 2tab/hari utk 5 hr. Setelah 10 hari sejak tablet td habis, sy sudah tidak kencing nanah lagi. Tapi sy masih merasakan gejala2 ini : rasa terbakar d mr. p (sekali-kali), sakit pd kemih, ada sensasi sakit perih ngilu di mr. p (jarang), kelembaban tinggi daerah kelamin, dan kalo BAK kadang merasa perih dan airnya kuning tua dan berbusa berlebih. Dokter, kenapa gejala tsb blm juga hilang ya? Sy menderita apa. apakah pengobatan sy ini belum tuntas? Apa langkah selanjutnya? Trims byk atas info dan responnya.

    Hai Navatanu,terimakasih telah bertanya di forum alodokter. keluhan anda berupa nyeri saat berkemih disertai BAK yang bernanah sebenarnya dapat disebabkan beberapa hal berikut:
    1. Gonore/kencing nanah
    2. Pielonefritis/infeksi ginjal
    3. uretritis non gonorea
    Penyebab paling sering pada kencing nanah adalah gonorea,penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Neiseria Gonorrhea. Penyakit ini ditularkan melaui hubungan seks bebas dengan berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan pengaman. Gejala yang ditimbulkan berupa:
    1. BAK disertai nanah
    2. Kram perut
    3. Nyeri saat BAK
    4. BAK terputus-putus
    Selama dalam masa pengobatan,sebaiknya anda melakukan beberapa pantangan sebagai berikut:
    1. Tidak berganti-ganti pasangan
    2. Menggunakan pengaman saat berhubungan
    3. Minum air lebih dari 1 lt
    4. menjaga kebersihan organ intim
    5. berkonsultasi kembali ke dokter spesialis kulit kelamin,jika anda sebelumnya telah mendapatkan beragam medikamentosa termasuk antibiotik,tetapi masih merasakan gejala yang sama. Karena jika dibiarkan,akan terjadi komplikasi lebih lanjut. Serta agar dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan ulang (swab) untuk melihat kesembuhan dari bakteri penyebab PMS tersebut. Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat. Salam dr. Celleen