Tanya Dokter

  • Benjolan di belakang leher berbahaya atau tidak?

  • Halo dokter. Saya punya keluhan ni waktu hari hari kemarin saya mempunyai benjolan di belakang leher saya benjolanya waktu itu sangat besar dan sekarang sudah kempes dan sudah kecil tpi sampai sekarang benjolan saya hanya sebesar biji kelereng dan sampai sekarang tidak membesar dan tida mengempis klo di pegang tidak sakit ... APA ITU BENJOLAN BERBAHAYA ATAU TIDAK?

    Hallo Mhmmd Sultan, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Disekitar telinga, belakang kepala, leher hingga ketiak berjalan sekumpulan kelenjar getah bening yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, parasit) dan penyakit gangguan tubuh lainnya yang masuk kedalam tubuh. Adanya benjolan dibelakang leher anda dapat disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening berupa :

    Diperlukan penggalian yang lebih mendalam lagi mengenai keluhan dan riwayat kesehatan anda sebelumnya. Selain itu, diperlukan juga pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah atau pemeriksaan foto rontgen atau USG (jika diperlukan untuk dapat menentukkan diagnosis pasti keluhan benjolan yang anda alami. Jika sudah diketahui diagnosis pasti dari benjolan tersebut, baru dapat diketahui apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan anda ini ke dokter atau dokter spesialis penyakit dalam, agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga anda pun bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina