Tanya Dokter

  • Cara mengatasi air ketuban yang sedikit

  •  lutfiah idris
    Anggota

    Siang dok,td pagi saya kontrol hamil,,tetapi saya bingung dengan jawaban bidan nya,,hpht saya 24 nov 2014,menikah 7 des 2014 tadi bidan nya ksih 2 jawaban yg bikin saya bngung,,bidan nya bilang klo hasil usg msih 35 mnggu 5 hari tapi klo brdsarkn hpht 9 bln lbih,saya jd bngung yg mna yg dpgang dok?trus air ketuban nya jg sdikit,gmna cara mengatasi nya dok?

    Halo,   Menghitung usia kehamilan bisa diketahui dari beberapa metode yakni :

    1. HPHT = menghitung usia kandungan sejak dari menstruasi terakhir. Paling sering digunakan dan akurat jika pasien mengetahui dengan pasti kapan menstruasi terakhirnya.
    2. USG = dilakukan dengan menghitung lingkar kepala, lingkar perut dan panjang tulang femur yang kemudian dikalibrasikan kedalam tabel untuk mengetahui usia janin. Paling akurat dilakukan dalam usia kehamilan muda, dan akan menurun akurasinya pada kehamilan tua, kehamilan kembar, cairan ketuban terlalu banyak dll. Perlu dilakukan oleh ahli (dokter kandungan).
    3. TFU = menghitung tinggi fundus uteri dilakukan pada jaman dahulu dengan pita pengukur untuk mengetahui usia kehamilan. Kurang akurat terutama pada ibu gemuk, bayi kecil dll.
    Jika dilihat dari HPHT Anda usia kehamilan Anda berada pada usia 37 minggu 2 hari, sedikit berbeda dengan usia pada USG yaitu 35 minggu 5 hari. Perbedaan ini bisa diakibatkan karena ukuran bayi Anda yang kecil atau posisi saat melakukan USG kurang pas. Dengan taksiran perkiraan melahirkan berada pada tanggal 1 september 2015, maka sebaiknya Anda mempersiapkan diri 2 minggu sebelum dan 2 minggu sesudah taksiran perkiraan melahirkan untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan yang bisa muncul. baca topik Hitung usia hamil. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi