Tanya Dokter

  • Tentang jenis insulin suntik

  • Selamat malam dokter, saya mau bertanya. Kemarin ayah saya habis operasi gynecomastia dan mendapatkan terapi insulin (karena ayah saya memiliki diabetes) novorapid dengan dosis 6 IU 3 x sehari sebelum makan, tapi tadi ( post OP 5 hari ) ayah saya dicek lagi gds nya malah mencapai 495. Saya curiga antara saya yg salah dalam penyuntikan sehingga insulin tidak masuk atau memang karena dosisnya terlalu kecil. Tapi akhirnya dokter ayah saya mengganti insulinnya menjadi novomix dg dosis pemakaian 2x sehari pagi 18 IU dan malam 12 IU. Yang ingin saya tanyakan, apa perbedaan kedua insulin tersebut dok? dan mengenai luka operasi ayah saya, sampe saat ini dari selang drainase nya masih sering mengeluarkan darah, kira kira normalnya kapan darah behenti mengalir dari selang drain dok? Saya cukup khawatir dg luka operasi ayah saya mengingat ayah saya penderita diabetes. Sebelumnya terima kasih atas kebaikan dokter. Wassalam

    Hallo Andari Restiana

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Insulin adalah hormon yang dibuat organ pankreas manusia dimana hormon ini berfungsi untuk mengontrol kadar gula (glukosa) dalam darah. Bagi penderita diabetes, terjadi gangguan pada sel pankreas sehingga terjadi gangguan produksi insulin dan juga gangguan kerja insulin dalam mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga pada penderita diabetes yang menenuhi kriteria tertentu, misalnya pengobatan yang tidak berhasil dengan obat diabetes minum atau pasien yang sedang dirawat di rumah sakit. Pada kasus ayah anda, pengobatan dengan insulin diberikan karena ayah anda sedang melakukan perawatan di rumah sakit. Jenis insulin cukup banyak, dari asalnya sendiri, insulin terdiri atas insulin manusia dan insulin analog. Selain itu juga insulin dibagi atas kerjanya yang cepat, menengah, atau lambat. Bahkan ada insulin tipe campuran yang terdiri dari insulin kerja lambat dengan kerja menengah atau campuran insulin kerja cepat dengan insulin kerja menengah. Insulin diberikan sesuai kebutuhan penderita diabetes dan berdasarkan ketentuan pemberian insulin. Biasanya insulin kerja cepat diberikan untuk menurunkan kadar gula darah sesaat (misalnya saat setelah makan) dan insulin kerja lambat untuk menurunkan kadar gula darah puasa (menjaga kadar gula darah dalam interval waktu yang lebih lama). NovoRapid (insulin aspart) merupakan jenis insulin analog dengan kerja cepat, tujuannya adalah untuk menurunkan kadar gula darah setelah makan, sehingga pemberiannya dilakukan beberapa saat sebelum makan. NovoRapid ini tidak menjaga kadar gula darah untuk waktu jangka panjang. Sedangkan untuk NovoMix 30 (30% aspart, 70% protamine aspart), insulin ini merupakan insulin campuran jenis analog (premix analog), dimana kandungan insulin aspart bekerja secara cepat dan insulin protamine aspart memiliki kerja menengah (intermediate). Selain masalah kandungan insulin, NovoRapid dan Novomix 30 memiliki masa kerja yang berbeda. Untuk NovoRapid efek insulin akan muncul setelah 10-20 menit setelah disuntikan dan bekerja sekitar 3-5 jam setelah disuntikkan. Sedangkan NovoMix sendiri bekerja setelah 10-20 menit setelah disuntikan, namun efek kerja obat dapat bertahan hingga 24 jam. Karena itu NovoMIx bisa diberikan lebih jarang dibandingkan dengan NovoRapid. Anda harus memahami, jika insulin telah diberikan dan kerjanya kurang efektif menurunkan gula darah, maka insulin tersebut dapat diganti jenisnya atau ditingkatkan dosisnya atau dikombinasikan dengan jenis insulin lain dan juga obat minum anti-diabetes. Semua itu bergantung pada hasil evaluasi dokter yang merawat ayah anda.

    Mengenai luka operasi yang telah dijalani ayah anda, tentu memerlukan waktu untuk mencapai kesembuhan, mengingat ayah anda juga memiliki riwayat diabetes. Selama tidak ada infeksi pada luka operasi, penyembuhan bisa menjadi lebih cepat. Untuk darah yang ada pada drain luka operasi tidak bisa dipastikan secara jelas kapan akan berhenti, karena cukup banyak hal yang mempengaruhinya. Mulai dari tempat dilakukannya tindakan operasi, adanya infeksi atau tidak pada luka operasi, asupan nutrisi, gangguan pembekuan darah dan banyak faktor lainnya. Yang pasti biasanya selama perdarahan belum berhenti, maka drain belum akan dilepaskan.

    Untuk lebih jelasnya anda dapat berkonsultasi secara langsung pada dokter yang merawat ayah anda.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

    dr. Aldy Valentino