Tanya Dokter

  • Perbedaan implantasi dan haid

  •  Nendah Indah
    Anggota
    Sore dok, saya mau tanya jadwal had saya tanggal 12 bln kmrn bulan ini saya stlh berhbng pas suami istri mau cuci ada darah gtu klr tp ga ada lg apa darah menstruasi atau luka ya dok?.. krna darah nya ga berkelanjutan 2hr berlalu saya dpt lagi darah dok tepat nya tgl 7 nov 17 luyaman banyak tp tak sampai menempel pda softek kalau buang aer kecil saja klr darah nya tp lumyan banyak bsk nya 8 november ada drh lg tp ga banyak berkrng dr pada tgl 7 nov kmrn skrng tgl 9 nov darah berhenti dok ada cma flek sdkt kenpa ya dok apa implentsi atau ini darah had? Mohon jawab nya ya dok terima kasih...

    Halo Nendah, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Sebagai informasi, perdarahan saat implantasi merupakan keluarnya bercak darah di awal kehamilan. Seringkali perdarahan ini muncul berdekatan dengan waktu menstruasi sehingga terkadang menimbulkan kebingungan. Namun, selain kedua hal tersebut, perlu dipikirkan kondisi lain yang mungkin menyebabkan perdarahan diluar menstruasi, seperti:

    • Stres berlebihan
    • Ovulasi/pelepasan sel telur dari indung telur, bercak darah dapat terjadi di tengah siklus menstruasi
    • Luka pada vagina
    • Penggunaan alat kontrasepsi
    • Sindrom ovarium polikistik, adanya beberapa kista kecil dalam indung telur
    • Infeksi panggul
    • Fibroid dalam rahim, yaitu adanya jaringan parut dan jaringan ikat yang tidak normal  pada dinding rahim
    • Gangguan hormon tiroid, dan lain-lain

     

    Perdarahan tanda kehamilan muda (implantasi) umumnya terjadi 6-12 hari setelah pembuahan (bertemunya sperma dengan sel telur). Beberapa ciri perdarahan tersebut, diantaranya: Bercak darah berwarna pink, cokelat, atau tampak samar dibanding menstruasi, darah mengalir ringan dan tidak deras (tidak dijumpai adanya gumpalan), dapat disertai kram pada perut, dan terdapat jeda diantara timbulnya bercak tersebut.

    Bercak darah yang dialami Nendah masih mungkin merupakan tanda kehamilan muda, namun tidak menutup kemungkinan juga merupakan darah haid. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperhatikan tanda-tanda kehamilan yang lain dan tidak ada salahnya Anda melakukan tes deteksi kehamilan yang paling sederhana (dengan menggunakan testpack) atau berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan untuk evaluasi lebih lanjut.

    Artikel mengenai tanda kehamilan dan perdarahan implantasi atau haid dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Sonia L