Tanya Dokter

  • Perdarahan saat berhubungan intim

  • Dok,saya mau tanya bulan kemaren saya menstruasi bersih tgl 25 lalu saya melakukan hubungan intim tanggal 3 dan ad keluar darah tetapi tidak berlanjut dok dan pada tgl 5 saya berhubungan lagi tidak sampai penis masuk kedalam vagina tapi saya kembali mengeluarkan darah tetapi darah tersebut tidak berlanjut lg ke hari berikutnya, apakah itu menstruasi yg tidak tuntas atau penyakit dok ???

    <div class="alodokter-bbp-content-reply-137812"> Hai Yana Siklus menstruasi wanita dipengaruhi oleh hormon yaitu estrogen dan progesteron. Bila terjadi ketidakseimbangan hormon tersebut maka siklus menstruasi dapat menjadi tidak teratur, misal seperti adanya perdarahan dari vagina diluar siklus menstruasi. Hal tersebut dapat normal terjadi sesekali pada setiap wanita. Salah satu faktor pemicu normal yang cukup sering adalah penggunaan KB hormon, misal pil, suntik atau susuk. Perdarahan menstruasi ini tidak disertai gejala lain seperti nyeri, keputihan yang banyak, berbau, dan lainnya. Kemungkinan penyebab lain keluar darah dari vagina saat atau setelah hubungan intim antara lain:

    • Lecet pada dinding vagina akibat gesekan penis, disertai rasa nyeri.
    • Infeksi vagina (vaginitis), biasanya disertai gejala seperti keputihan yang banyak dan berbau.
    Dan penyakit lain yang lebih jarang terjadi seperti polip leher rahim, kanker serviks, dan sebagainya. Untuk mencari penyebabnya, sebaiknya Anda periksakan langsung pada dokter.Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut: Vagina berdarah setelah berhubungan intim. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william </div>