Tanya Dokter

  • obat nyeri dan bengkak pada kaki

  •  Royz Modjha
    Anggota

    Assalammualaikum,, Dok, mau tannya dong ya.. Utk menghilangkan nyeri dan bengkak sampe merah dikaki apa saja yg harus kita lakukan?? Terus obat apa yg paling baik utk menghilangkan nyeri dan bengkak..?? Ini yg bengkak dikaki ibuku loh dok, umurnnya 56thn,,apa ada gejalah sakit lainkah ?? Soalnya katannya bengkak tiba2 sampe merah dikaki,,dan kaki pun nyeri utk berjalan,,pengarug faktor usia dan asam uratkah ?? Semoga dokter bisa memberi penjelasan ya,, Maakasih dok ya.. :)

    Hai, Pada dasarnya keluhan bengkak, nyeri dan kemerahan yang timbul merupakan tanda terjadinya peradangan. Untuk menentukan pengobatan yang tepat tentunya terlebih dahulu perlu ditelusuri sumber peradangan yang terjadi dan apa penyebabnya. Keluhan bengkak, merah dan nyeri pada lokasi yang berbeda di kaki akan memiliki arti klinis yang berbeda pula (punggung kaki, lutut, sendi-sendi, di satu kaki atau di kedua kaki). Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:

    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya ibu Anda memeriksakan diri ke Dokter. Selain pemeriksaan fisik Dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti tes darah, X-Ray, CT Scan dan lainnya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Beberapa anjuran yang dapat dilakukan:
    • Istirahatkan kaki yang sakit
    • Batasi gerakan seperti berdiri terlalu lama, berjalan jauh dll
    • Berbaring dengan kaki yang diganjal dengan 2-3 bantal akan membantu mengurangi bengkak
    • Kompres dengan es akan mengurangi rasa nyeri
    • Jika nyeri terasa mengganggu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti Paracetamol atau Ibuprofen
    • Hindari memijat atau menekan kaki yang bengkak
    Baca laman artikel berikut ini: Penyebab kaki bengkak dan cara mengatasinya Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman

    Royz Modjha  Royz Modjha
    Anggota

    Terimakasih dok telah memberi penjelasan,, Saya juga berusaha utk membawah ke dokter dan memeriksan kesehatan beliau,tapi dok ibu saya sungguh tdk mau ke dokter krn dia sdh tua dan tak mampu berjalan ? Saya sangat sedih melihat beberapa hari ink beliau mengeluh sakit dikaki yg bengkak sampe pada hari ini kakinnya memerah dan bengkak pun jadi panas,pernah saya ke dokter tapi ibu tidak ikut hannya saya yg menjelaskan ke dokter tersebut perihal sakitnnya, dokter juga menyarankan ke dokter atau rmh sakit,,tapi apa daya ibu saya masih bersikuku tdk mau ke dokter dan rmh sakit,,makannya dok, saya hannya bisa menceritakan perihal rasa sakitnnya disitus alodokter ini,, Apa langkah yg saya harus ambil dok,apa ada pengobatan alternatif lainkah ? Saya rasa ini bengkaknya krn asam urat dan ada luka dikaki cuman sdh mengering krn kemarin taruh salep dr dokter yg kemarin saya datangi,,ini masih bengkak nya saja yg blm turun,,bengkaknya dikaki kanan dan skrg memerah dan panas .. Dokter bisa membantukah obat apa yg paling bagus dan paling baik,, Saya juga mau menanyakan apakah bisa dikasih propolis dari produk moment soalnya itu berguna juga katannya dlm pengobatan sakit seperti ini,,mohon pencerahannya ya dok..

    Hai, Jika terdapat luka pada kaki perlu dipikirkan bahwa penyebab bengkak dapat pula disebabkan oleh selulitis, yaitu peradangan jaringan akibat infeksi yang berasal dari luka. Pengobatannya meliputi pemberian obat pereda nyeri, antibiotik, dan obat anti peradangan. Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas obat herbal dalam mengatasi pembengkakan dan peradangan pada kaki. Bagaimana pun, untuk menentukan pengobatan yang tepat tentunya terlebih dahulu perlu diketahui penyebab yang mendasarinya. Untuk itu tetap diperlukan pemeriksaan langsung (tatap muka) oleh Dokter. Penyebab yang berbeda akan membutuhkan penanganan yang berbeda-beda pula. Jika memungkinkan, carilah bantuan Dokter praktek di lingkungan tempat tinggal Anda yang dapat melakukan kunjungan ke rumah. Dengan demikian Dokter akan dapat melakukan pemeriksaan fisik secara langsung terhadap ibu Anda dan menentukan pengobatan yang dapat diberikan dalam perawatan di rumah. Salam, dr. Muliani Sukiman